Tips Silaturahim Jarak Jauh Saat Pandemi


DESAINART- Hallo sobatart, semoga kita semua tetap diberikan kesehatan dan dilindungi oleh Tuhan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Wabah Covid-19 adalah salah satu musibah yang merupakan ujian dari Allah atas dasar sifat Rahman dan Rahim Allah, sehingga umat Islam harus menghadapinya dengan sabar, tawakal dan ikhtiar. Seseorang yang meninggal dunia akibat Covid-19 yang sebelumnya telah berikhtiar dengan penuh keimanan untuk mencegah dan atau mengibatainya, maka mendapat pahala seperti pahala orang mati syahid. Aamiin. (Pendapat Mejelsi Tarjih Muhammadiyah).

Usaha aktif mencegah penularan covid-19 merupakan bentuk ibadah yang bernilai jihad, sebaliknya tindakan sengaja yang membawa risiko penularan merupakan tindakan buruk / zalim. Upaya pengobatan sebagai bentuk ikhtiar wajib dilakukan. Oleh sebab itu, para ahli termasuk dalam hal ini pemerintah wajib menyelanggarakan upaya tersebut sekaligus menyediakan segala keperluan yang berkaitan dengannya.

Dalam rangka menghindari dampak buruk berkembangnya Covid-19 harus diperhatikan sebagai petunjuk dan protokol yang telah ditentukan. Termasuk melakukan social ditancing maupun upaya lainnya sebagai tindakan preventif dengan tetap memperhatikan produktifitas kerja.

Tips Silaturahim Jarak Jauh

Nah, Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana sih agar kita tetap bisa bersilaturahim bersama keluarga meski ga bisa berjumpa. Terlebih jika jarak antara kita dengan keluarga cukup jauh, misalnya berbeda pulau atau berbeda provinsi. Sebaiknya silaturahim dilakukan secara virtual atau online. Nah, berikut ini adalah tips silaturahim jarak jauh dengan teman, saudara dan keluarga :

  • Sebelum mengontak, tanyakan waktu yang tepat untuk bersilaturahim.
  • Silaturahim dapat dilakukan dengan telepon, video-call, zoom meeting, atau aplikasi online lainnya.
  • Awali pembicaraan dg ucapan salam dan saling bertanya kabar.
  • Pilih topik yang santai dan selipkan humor (biar ga spaneng).
  • Saling mendo’akan agar bisa bertemu secara langsung dilain kesempatan.

Bagi sobatart yang orang tuanya sudah tiada jangan lupa terus mendo’akan, minimal disetiap selesai solat lima waktu. Semoga do’a yang dipanjatkan senantiasa diridhoi dan dikabulkan oleh Tuhan. Aamiin.

Sekian dulu ya sobat, pembahasan tentang silaturahim jarak jauh di saat pandemi. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita semua dapat beraktivitas seperti biasa kembali. Semoga menginspirasi, haturnuhun sudah mampir.


Hamdan Haqiqi

Kesadaran kita sebagai hamba sekaligus khalifah, perlu dikulik baik-baik. Mari tajamkan kemampuan untuk mengenali diri, jiwa dan memahami akal.

What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
1
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *