6 Tips Memilih Tempat Camp Saat Muncak


DESAINART- Hallo sobatart, Ada yang suka muncak? Kalau iya, berarti sobat adalah pribadi yang sedang berjuang untuk menaklukan diri sendiri. Kenapa begitu?

“Karena mendaki atau muncak itu bukan soal menaklukan gunung-gunung tapi soal menaklukan diri sendiri”. Begitulah  setidaknya yang pernah kami baca di story-story ig sobat yang suka ndaki gunung heuheu

Sekedar curhat aja nih, awal Desember lalu, kami beserta rombongan memutuskan untuk ngecamp di Dieng Wonosobo. Niat awalnya sih udah bagus yang berangkat juga lumayan banyak. Sampai pada waktu diperjalanan (Semarang Wonosobo) mulai terpisah karena belum hafal jalan dan banyaknya lampu merah (kami semua pake motor).

Singkatnya, karena saling nunggu, supaya bisa ke tempat camp bareng-bareng, akhirnya sampai di tempat camp pukul 00.30-an lah, udah udara dingin, harus buru-buru mendirikan tenda lagi. Dan sialnya tempat untuk ngecamp sudah penuh semua, dengan penerangan seadanya kita memilih tempat ngecamp yang jauh dari kata layak. Setidaknya itu kita bisa tau setelah siang harinya.

Nah, postingan kali ini kita akan coba bahas tentang bagaimana tips memilih tempat camp saat muncak. Berikut hal-hal yang harus sobat ketahui saat memilih tempat camp atau mendirikan tenda saat muncak.

Perhatikan Permukaan Tanah

Tempat istirahat adalah salah satu hal yang sangat penting dalam perjalanan ndaki. Maka pastikan sobat memilih lokasi yang rata dan datar. Tujuannya supaya sobat maksimal dalam istirahat sehingga dapat mengembalikan tenaga yang sudah terkuras saat perjalanan ndaki. Tanah yang tak rata atau miring akan membuat sobat tidak nyaman dalam mengistriahatkan tubuh.

Keteduhan

Meski di malam hari tidak begitu penting, tapi saat sobat bangun pagi lewat sedikit (kira-kira jam 7an), tentu sudah tidak lagi menyenangkan buat sobat sekalian. Terlebih jika sobat ingin menghabiskan harinya di tempat ngecamp, Tenda akan terasa panas dan tak nyaman lagi untuk dimasuki. Oleh karena itu, keteduhan merupakan salah satu faktor penting setelah permukaan tanah.

Perhatikan Lokasi Sekitar

Keteduhan memang penting, tapi sobat juga harus memperhatikan apa yang akan menjadi peneduh, hindari pepohonan yang telah mati, hindari tempat yang ada di dekat tebing yang bisa sewaktu-waktu ada batu yang jatuh. Bila di pantai hindari tempat-tempat dibawah pohon kelapa atau pohon dengan buah yang banyak dan besar.

Perhatikan Privasi

Mungkin sebagian orang ada yang suka dengan keramaian, bahkan pada saat camping. Tempat camping yang dekat sekali dengan lokasi kelompok lain bisa juga meningkatkan rasa aman. Akan tetapi ada pula yang lebih senang suasana tenang. Bila sobat salah satu orang yang mencari ketenangan, ambilah jarak yang cukup jauh dengan lokasi camping kelompok lain.

Perhatikan Luas Area

Bila sobat sudah menemukan permukaan tanah yang bagus, peneduh, dan privasi, selanjutnya sobat memperhatikan luasan area camping. Ada dua hal yang perlu di perhatikan dalam menentukan luasan area tenda, yang pertama ruangan untuk tenda, dan yang kedua ruangan untuk memasak atau dapur.

Terakhir, Jangan Berdampingan dengan Tenda Mantan 😀

Untuk yang satu ini saya ga perlu jelsakan, sobat sudah pasti sudah tau alasannya. Coba isi aja di kolom komentar.

Sekian dulu ya, artikel tentang ngecamp, kalau mau ngecamp jangan lupa ajak-ajak mantan temennya ya (heuheu). Haturnuhun sudah mampir. Semoga bermanfaat


DESAINART

Kami tidak bermaksud menampilkan data valid atau informasi lengkap, sekedar berbagi sedikit faedah saja (jika ada)

What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *