Tips Cerdas Bermedia Sosial


DESAINART- Dalam era globalisasi seperti saat ini, media soisal bukan lagi menjadi kebutuhan tersier atau sekunder, bahkan sudah menjadi kebutuhan primer terutama di kalangan generasi milenial. Setiap harinya, banyak sekali orang-orang yang terus memberikan informasi, baik informasi kegitan yang bersifat pribadi atau pun bersifat umum.

Nah, dalam postingan kali ini, akan dibahas terkait tips cerdas dalam bermedia sosial untuk tetap terus berjuang memastikan beranda media sosial kita ini tetap sehat dan ga penuh hoax. Yuk simak beberapa tips cerdas bermedia sosial.

Postingan adalah Rekam Jejak

Ketahuilah bahwa apa yang anda tulis akan abadi, dibaca banyak orang dan rekam jejak digitalnya tidak akan pernah terhapus sampai kapanpun.

Setiap Postingan Akan Dipertanggungjawabkan

Ketahuilah bahwa apa yang anda tulis akan dipertanggungjawabkan baik di dunia maupun di akhirat. Pertanggungjawaban jawab di akhirat jauh lebih berat.

Jangan Posting Hoax !

Jauhilah tulisan yang berisi kebohongan, karena bohong adalah ibu dari segala dosa. Semakin banyak orang membaca kebohongan yang anda tulis, maka semakin banyak dosa yang anda tanggung.

Hindari Caci Maki

Jauhilah tulisan yang berisi caci maki, sumpah serapah yang dapat menyinggung perasaan seseorang. Semakin banyak orang yang tersakiti disebabkan tulisan anda, semakin besar pula dosa yang akan anda tanggung.

Dilarang Ghibah

Jangan sekali-kali menulis yang isinya membuka aib dan mempergunjingkan orang lain, karena perbuatan membuka aib dan menggunjingkannya adalah perbuatan tercela yang diharamkan oleh Allah SWT.

Hindari Asas Praduga

Janganlah menulis sesuatu yang hanya berdasarkan praduga, filing atau perasaan yang tidak didukung oleh fakta dan data yang falid atau kuat, karena anda akan sulit mempertanggungjawabkannya di dunia dan di akhirat.

Hindari Kalimat yang Menyinggung

Jauhilah kata-kata atau kalimat yang dapat menyinggung dan menyakitkan hati dan perasaan orang lain, sekalipun yang anda sampaikan itu sesuatu yang benar.

Selektif Dalam Memposting

Tidak semua hal dan persoalan yang harus dibicarakan di media sosial, karena belum tentu semua orang membutuhkan informasi yang anda sampaikan. Janganlah membicarakan dan menulis hal-hal yang seharusnya dibicarakan di kalangan terbatas, karena cara tersebut tidak akan menyelesaikan masalah, malah sebaliknya membuat masalah semakin runyam.

Terus Menebar Informasi yang Bermanfaat

Sampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan bila tidak ada informasi yang baik dan bermanfaat lebih baik diam atau tidak menulis apa-apa, hal tersebut itu lebih hemat dan lebih aman.

Nah demikian artikel singkat tentang Tips Cerdas Bermedia Sosial. Semoga kita senantiasa memberikan manfaat bagi banyak orang dan mendapatkan keberkahan dari Tuhan. Aamiin.


DESAINART

Kami tidak bermaksud menampilkan data valid atau informasi lengkap, sekedar berbagi sedikit faedah saja (jika ada)

What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *