DESAINART- Hallo sobart ! Semoga sehat selalu ya. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang suit. Pasti sudah tidak asing lagi buat sobat semua dan hampir semua bocil (bocah kecil) di Indonesia pernah melakukannya.

Kalau bicara tentang suit, pasti disebagian tempat sangat familiar dengan namanya suit Jepang? Taukah sobat kalau suit Jepang ternyata berasal dari budaya nusantara ? Mari simak penjelasan berikut ini.

Gunting Batu Kertas

Permainan tradisional Nusantara yang satu ini sebenarnya telah mendunia. Permainan ini sering juga disebut dengan suit Jepang. Mungkin hal itu karena permainan ini juga dimainkan oleh anak-anak di Jepang.

Permainain ini biasanya dimanainkan oleh dua orang. Secara pola permainan, Gunting Batu kertas hampir mirip dengan permainan hompimpa yang dilakukan oleh dua orang. Bedanya, permainan ini lebih kepada bentuk tangan.

Tangan yang terkepal dianggap sebagai bentuk batu. Tangan yang hanya menunjukkan dua jari, biasanya telunjuk dan jari tengah dianggap sebgai bentuk dari gunting. Dan jika semua jari terbuka, dianggap sebagai kertas.

Nah, dalam permainan ini, biasanya kedua pemain akan mengucapkan “BATU, GUNTING, KERTAS” secara bersamaan. Hasilnya, jika gunting bertemu dengan kertas, maka yang akan menjadi pemenang adalah gunting. Jika gunting bertemu batu, maka yang menang adalah batu. Dan jika batu berteu dengan kertas, maka kertaslah yang akana menjadi pemenang.

Namun, jika sama-sama berbentuk gunting, sama-sama batu, sama-sama kertas, permainan ini akan dianggap seri dan harus diulang kembali. Hal ini terus dilakukan sampai mendapat siapa yang menjadi pemenang.

Dalam prakteknya, sobat bisa memodifikasi dalam berbagai aktifitas sehari-hari. Bisa juga ditambah hal-hal yang membuat permainan lebih menjadi seru. Misalnya yang kalah mendapat hukuman dan yang menang diberi hadiah menghukum yang kalah. Dan atau sebagainya.

Demikian, penjelasan secara singkat tentang permainan gunting batu kertas, mudah-mudahan permainan dan budaya tradisional dapat tumbuh subur di bumi pertiwi. Aamiin. Mari menjadi bagian yang merawat dan berpartisipasi dalam menjunjung tinggi budaya Indonesia.

Bila ada koreksi silahkan disampaikan di kolom komentar ya! Haturnuhun sudah mampir, semoga bermanfaat.


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
DESAINART

Blog ini tidak bermaksud menampilkan data-data valid atau informasi lengkap, tapi kami mengajak siapa saja yang singgah disni, melihat hal-hal keseharian dengan lebih sederhana, santai, wajar bahkan jenaka, tetapi tetap menemukan kedalaman.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *