DESAINART- Hallo SobatArt !! Ga kerasa ya kita udah mau memasuki pekan ke tiga di bulan Januari. Mudah-mudahan kita selalu diberikan kelapangan rezeki agar bisa beribadah dengan khusyuk sama Sang Pencipta. Aamiin.

Ini postingan kedua tentang belajar “Bahasa Inggris”, meski sedikit-sedikit semoga dapat menjadi pembelajaran buat kita semua. Mari kita seimak penjelasannya.

Kalau kamu masih menganggap “Listen” dan “Hear” itu memiliki penggunaan dan makna yang sama, maka segeralah rubah anggapan tersebut. Karena keduanya memiliki penggunaan dan makna yang berbeda.

Kata “Listen” dan “Hear” merupakan kata kerja yang memiliki arti yang sama dalam Bahasa Indonesia yaitu “mendengar”, tetapi dalam Bahasa Inggris keduanya memiliki cara penggunaan dan makna yang berbeda. Kedua kata tersebut memang seperti sama tapi jangan salah, faktanya kamu harus dapat mengetahui dan memahami kapan menggunakan kata “Listen” dan kapan menggunakan kata “Hear”.

Berdasarkan Makna
  1. “Listen” adalah tindakan mendengar dengan memberikan perhatian pada suara atau sesuatu yang didengar. “Listen” digunakan ketika seseorang benar-benar berusaha untuk mendengar atau memperhatikan suara yang di dengar maupun sebagai kata kerja untuk memerintahkan seseorang untuk mendengarkan secara seksama.
    .
    Contoh:
    Please be quiet! I’m listening to the teacher’s explanation.
    (Tolong diam! Saya sedang mendengarkan penjelasan guru).
    .
    Are you listening to me? / I’m sorry, I wasn’t listening to you.
    (Apakah kamu mendengarkan saya? / Maaf, saya tidak mendengarkanmu).
    .
  2. “Hear” adalah suara yang masuk kependengaran seseorang tanpa orang tersebut berusaha. Hear digunakan ketika mendengar suara-suara tanpa disengaja atau suara yang didengar tanpa berusaha untuk mendengarkannya.
    .
    Contoh:
    Did you hear the noise from the kitchen?
    (Apakah kamu mendengar suara dari dapur?)
    .
    I hear that Rania was sick.
    Saya dengar Rania Sakit
    .
Perbandingan

Apakah kamu masih kesulitan dalam membedakan kedua kata tersebut? Sekarang mari kita coba bandingan kedua kata tersebut dalam satu kalimat.

Contoh:
Listen! I hear a noise from the next door
(Dengarkan! Saya mendengar suara dari sebelah).
.

I was listening to the radio, when I hear the bell ring.
(Saya sedang mendengarkan radio, ketika saya mendengar bel berbunyi).

.
Kata “Hear” tidak bisa digunakan dalam bentuk continuous tense, sedangkan kata “Listen” bisa digunakan dalam bentuk continuous tense.

Contoh:
He is hearing to the music → Salah
He is listening to the musik → Benar

Jadi dapat kita simpulkan bahwa kata “Listen” dan “Hear” memiliki penggunaan yang berbeda. Untuk kata “Listen” seseorang benar-benar mendengarkan atau meminta seseorang untuk memperhatikannya, sedangkan kata “Hear” seseorang tidak sengaja mendengar suara tanpa ada keinginan untuk mendengarkannya.

Untuk memahami perbedaan kedua kata tersebut, maka kamu harus memahami maknanya terlebih dahulu sehingga kamu dapat membedakan keduanya, kapan harus menggunakan “Listen” dan kapan harus menggunakan “Hear”. (Lusi Nurkhayati).


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Uchie NH

Tuhan menciptakan peristiwa-peristiwa dan kita mengulasnya dengan akal dan seluruh kemanusiaan kita. Sebab tanpa itu, kita tak akan menemukan ayat, akan kehilangan alamat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *