Nyanyi Nyanyi Seorang Bisu II (Free E-book)

Sebuah autobiografi yang cukup canti dan indah ditulis oleh Pram kepada naak-anaknya dan juag cerita jatuh bangunnya dalam klehiudpan dan rumahtangga. Satu-satunya karya non-fiksi Pramoedya semasa tahanan di Buru, bukan novel. Buku ini merupakan kumpulan catatan berisi surat-surat pribadi kepada anak-anaknya yang tak pernah terkirim, juga esai-esai, terutama sangat mencengkam adalah renungannya yang tajam merekam apa yang dialami sebagai pribadi, sebagai suami dan ayah, sebagai pengarang dan tahanan politik rezim militerisme.


Naskah buku ini disunting dari kertas-kertas berserakan berisi catatan berharga dari Pramoedya yang ditulisnya semasa menjadi tahanan politik 10 tahun (1969 – 1979) lamanya di pulau Buru. Kesempatan menulis baginya berlangsung tidak teratur dan hanya dikerjakan bila keadaan memungkinkan.

Kertas ratusan lembar ini dengan sendirinya tidak tersimpan rapi, cukup banyak lembaran yang rusak, hilang atau tidak terkumpulkan selengkapnya lagi. Dari apa yang tersisa dan terselamatkan itulah disusun buku yang dibagi dalam dua jilid di bawah Nyanyi-Nyanyi Seorang Bisu.

Ini adalah buku kedua setalah buku pertama diterbitkan pada ulang tahun Penulis yang ke 70 tahun (6 Februari 1995) dan ulang tahun perkawinannya ke 40 dengan Memunah Thamrin.

Belanda sudah lebih dahulu menerbitkan catatan dari Pulau Buru dengan judul¬†“Leid van een Stomme”¬†dua jilid masing-masing 353 dan 316 halaman. Pada tahun 1988 – 1989.

Seluruh edisi Indonesia adalah hasil penyuntingan yang dipersiapkan untuk terbitan edisi Belanda kurang lebih sepuluh tahun lalu tersebut.


Download E-book



What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Desain Art

desainart.net dibangun pada tahun 2018 dengan harapan dapat menjadi media alternatif yang menginspirasi khususnya kaum milenial. desainart berawal dari sekumpulan orang yang sedang berusaha tidur teratur dan sedang berlajar menjadi muslim yang baik

Komentar