Nurcholis Madjid – Cak Nur Di Mata Anak Muda (All You Need Is Love)

Prof. Dr. Nurcholish Madjid atau populer dipanggil Cak Nur, adalah seorang pemikir Islam, cendekiawan, dan budayawan Indonesia. Pada masa mudanya sebagai aktivis & kemudian Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam.


Buku ini berawal dari sayembara penulisan esai yang diselenggarakan Yayasan Paramadina, dalam rangka memperingati 1000 hari wafatnya Nurcholish Madjid (Cak Nur) bulan April hingga Juni 2008 lalu. Seperti yang kami janjikan dalam pengumuman sayembara, 30 esai terpilih akan kami terbitkan dalam bentuk buku, bersamaan dengan dilangsungkannya Nurcholish Madjid Memorial Lecture II. Inilah esai-esai itu, dari 74 buah yang dikirimkan, yang dipilih oleh dua redaktur Madina: Ihsan Ali-Fauzi dan Ade Armando. Sisanya, dengan seizin penulisnya masing -masing, nantinya akan kami terbitkan dalam website Yayasan Paramadina.

Esai-esai ini kami terbitkan untuk melihat sejauh mana pemikiran dan kiprah Cak Nur bergema di kalangan anak – anak muda, dalam bentuk apa dan bagaimana. Dengan demikian, buku ini akan menjadi cermin yang berguna bagi kita di dalam mengembangkan gagasan-gagasan dan kiprah Cak Nur lebih jauh.



Dengan terbitnya buku ini, kami ingin menghaturkan banyak terima kasih pertama-tama kepada para peserta sayembara, yang telah memenuhi undangan kami dengan antusiasme tinggi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PT Newmont Pacific Nusantara, yang telah bersedia membantu pendanaan penerbitan buku ini. Terima kasih yang sama juga harus kami sampaikan kepada Penerbit Alvabet, atas partisipasinya dalam proyek ini.

Di Paramadina sendiri, kami wajib mengucapkan banyak terima kasih kepada staf majalah Madina, khususnya Hikmat Darmawan, Taufik Hidayat dan Wulandari. Kepada Prasaja dan Agos, terima kasih untuk desain sampul dan layoutnya, yang inovatif dan mewakili dengan baik “perasaan” buku ini. Juga kepada Achmad Rifki, Husni Mubarok, Muslih Hidayat, dan Ahmad Zaini, atas segala kerepotan tambahan akibat penyiapan dan penerbitan buku ini. Jadzâkum Allâh.

Akhirnya, kepada para pembaca, kami sampaikan “Selamat Membaca”. Semoga bacaan sederhana ini berguna bagi kita semua.

Jakarta, September 2008
Yayasan Wakaf Paramadina

EBook Nurcholish Majdid


What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Desainart Project
Kita akan bersama dalam waktu yang lama, entah seberapa lama. Namun kita tak akan berpisah sebelum kata terakhir tuntas kita eja dengan seksama. Selamat Membaca !

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *