DESAINART- Novel Coronavirus atau 2019-nCoV adalah nama resmi dari sebuah virus yang menjadi wabah bagi masyarakat dunia. Hampir disetiap elit negara sampai obrolan warung kopi merasa resah dengan kehadiran virus ini. Akibatnya, hampir semua perjalanan transportsi dari dan menuju ke China dihentikan untuk mencegah virus itu semakin menyebar.

Para pakar di Tiongkok, berdasarkan hasil penelitian dari Pusan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CDC) akhirnya menyimpulkan bahwa wabah virus korona berasal dari Pasar Seafood Huanan di Wuhan China. CDC berhasil mengumpulkan sampel untuk menemukan penyebab wabah virus yang telah menuai keresahan dan kekhawatiran masyarakat dunia tersebut. Namun, untuk obat atau vaksinya, hingga saat ini belum ditemukan.

Namun point yang akan kita perdalam bukan pada virus korona, tapi bagaimana cara kita menyikapinya menurut ajaran agama (Islam). Dalam mengantisipasi penyebaran virus tersebut Islam telah memberikan anjuran. Dalam kitab Shahih Muslim Rasulullah SAW bersabda :

“Jika kalian mendengar tentang wabah-wabah disuatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Tetapi jika terjadi di suatu tempat kalian berada, maka jangnlah kalian meninggalkan tempat itu”. Hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

Selain memberikan solusi nyata Islam juga memberikan tuntunan sebagaimana telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Jika datang sebuah wabah, Raslullah berdoa untuk menghilangkan wabah penyakit tersebut. Dari Aisyah ra. berkata, Raslullah SAW pernah berdoa memohon agar Allah menjaga kota Madinah dari wabah penyakit.

“Ya Allah, jadikanlah Madinah sebagai kota yang kami cintai sebagaimana kami mencintai Makkah atau bahkan lebih dari itu. Ya Aallah, berikanlah keberkahan kepada kota dan penduduk kami, sehatkanlah Madinah buat kami dan pindahkanlah wabah penyakitnya ke Juhfah”. (Sahih Al-Bukhari no. 1756).

Kemudian, Rasulullah SAW mengajarkan doa kepada para sahabat dari penyakit demam dan semua penyakit, agar mereka mengucapkan:

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Besar, aku berlindung kepda Allah yang Maha Agung dari penyakit na’ar (yang membangkang) dan dari kejahatan panasnya neraka” (Sunan Ibnu Majah no. 3517).

Dalam Sahih Musli dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda (HR Muslim no. 2449) bahwa di jalan-jalan masuk ke kota Madinah ada Malaikat pengawal, sehingga bahaya wabah penyakit menular dan bahaya Dajjal, tidak dapat masuk ke kota itu.


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
1
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
DESAINART

Blog ini tidak bermaksud menampilkan data-data valid atau informasi lengkap, tapi kami mengajak siapa saja yang singgah disni, melihat hal-hal keseharian dengan lebih sederhana, santai, wajar bahkan jenaka, tetapi tetap menemukan kedalaman.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *