Khutbah Idul Adha 1440 H : Aktualisasi Taqwa dan Kebersamaan

Esensi ta’awun dan ta’aruf ialah merajut persaudaraan dan kebersamaan dalam suasana damai, toleran, kasih sayang, dan saling memajukan meskipun dalam suasana perbedaan.


Islam juga mengajarkan “ta’aruf” yakni saling mengenal antar anak cucu Adam dalam suasana kemajemukan. Bahwa diciptakannya manusia baik laki-laki maupun perempuan, bersuku-suku bangsa, dan bergolongan semuanya untuk saling mengenal satu sama lain, dan mereka yang bertakwalah yang paling mulia di sisi Allah (Qs AlHujarat: 13).

Esensi ta’awun dan ta’aruf ialah merajut persaudaraan dan kebersamaan dalam suasana damai, toleran, kasih sayang, dan saling memajukan meskipun dalam suasana perbedaan. Sebaliknya menjauhkan diri dari pertikaian, kebencian, permusuhan, serta segala hal yang merusak dan merugikan dalam hubungan antarsesama.

Pasca Idul Adha dan berkurban setiap Muslim secara individu dan kolektif niscaya menjadi suri teladan dalam merekat persaudaraan, saling membantu, tolong menolong, kebersamaan, dan keutuhan hidup bersama sesama umat manusia di manapun berada.

Perbedaan agama, golongan, suku bangsa, kedaerahan, pilihan politik, dan keragaman latarbelakang lainnya jangan merusak jalinan solidaritas sosial yang menjadi kekuatan bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim. Inilah bentuk uswah hasanah Muslim dan umat Islam hasil dari Idul Adha dan ibadah kurban.



Bersamaan dengan ibadah Idul Adha saat ini kaum Muslimin dari berbagai negara termasuk dari Indonesia tengah menunaikan ibadah haji. Kita do’akan agar saudara-saudara seiman itu dapat menyelesaikan prosesi haji dengan paripurna, diberi kemudahan dan keberkahan, serta kembali ke tanah air dengan selamat dan meraih haji mabrur.

Kita mendambakan semakin banyak yang telah menunaikan haji, shalat, puasa, dan ibadah-ibadah lainnya yang dituntunkan Islam kian terwujud keshalihan dan kebaikan dalam kehidupan umat Islam, sehingga umat Islam menjadi umat terbaik atau khaira ummah serta mewujudkan rahmatan lil-‘alamin.

Baca Khutbah Idul Adha 1440 H selengkapnya:

Khutbah Idul Adha 1440 H

Materi khutbah ini di buat oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2015 – 2020 Dr. H. Haedar Nashir yang bersumber dari web Suara Muhammadiyah.


What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Desainart Project
Kita akan bersama dalam waktu yang lama, entah seberapa lama. Namun kita tak akan berpisah sebelum kata terakhir tuntas kita eja dengan seksama. Selamat Membaca !

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *