Kegemukan

Obesitas dapat menimbulkan ragam masalah kesehatan, baik kesehatan psikologis maupun fisik bagi si penderita. Materi kesehatan ini disadur dari Ceramah Kesehatan Masjid Raya Candi Lama Semarang oleh Dr. H. Gunadi, M.Kes.


DESAINART- Obesitas berasal dari bahasa Latin, yang berarti “gemuk, gendut, atau montok”. Esus adalah past participle dari edere (makan), dengan ob (berlebihan) ditambahkan padanya. Obesitas merupakan sebuah kondisi kronis di mana terjadinya penumpukam lemak di dalam tubuh sehingga melebihi batas yang baik untuk kesehatan. WHO memperkirakan sedikitnya 400 juta orang dewasa (9,8%) mengalami kegemukan, dengan lebih banyak wanita dibandingkan pria. Angka kegemukan juga naik dengan bertambahnya usia setidaknya hingga usia 50 sampai 60 tahun. Dahulu, kegemukan dianggap sebagai masalah negara-negara berpenghasilan tinggi. Saat ini angka kegemukan meningkat di seluruh dunia dan mempengaruhi baik dunia maju maupun dunia berkembang. Peningkatan ini dirasakan paling dramatis di daerah perkotaan. Oleh karena itu, kegemukan dipandang sebagai simbol kemakmuran dan kesejahteraan.

Penyebab

Pola makan yang buruk. Makan atau ngemil terlalu banyak. Kurangnya olahraga. Riwayat keluarga mengidap obesitas. Penyakit medis (endoktrin, masalah-masalah neurologis). Obat (steroid, beberapa obat psikiatris). Stress atau suatu kejadian atau perubahan (perpisahan, perceraian, pindah lingkungan, kematian, pelecehan). Masalah dengan keluarga atau teman. Rasa rendah diri. Depresi atau masalah emosional lainnya.

Resiko yang terjadi

Peningkatan risiko penyakit jantung. Tekanan darah tinggi. Diabetes. Masalah pernapasan . Masaaalh tidur. Orang yang mengalami obesitas juga memiliki masalah emosional yang lebih tinggi, dengan masalah berat badan cenderung memiliki rasa percaya diri yabg rendah dan minder. Selain itu perasaan depresi, kecemasan, dan gangguan obsesif kompulsif juga dapat terjadi.

Klasifikasi

Kegemukan dinilai berdasarkan indeks massa tubuh (IMT). IMT dihitunh dengan cara membagi berat badan subjek dengan kuadrat tinggi badannya. IMT/BMI = Berat Badan (kg) / Tinggi Badan (m)2.

Contoh kasus: Berat Badan 63 kg dan Tinggi Badan 1,80 m. Jawaban IMT adalah 63 kg / 1,802 m = 19,4

Kreteria

IMT                        Klasifikasi
<18.5.                    Berat badan kurang
18.5 – 24.9.            Normal
25.0 – 29.9.            Berat badan lebih
30.0 – 34.9.            Kegemukan kelas I
35.0 – 39.9.            Kegemukan kelas II
>40.0.                    Kegemukan kelas III

Kegemukan kelas III

IMT > 35 atau 40 disebut kegemukan berat
IMT > 35 atau 40-44.9 atau 49.9 disebut kegemukan morbid
IMT > 45 atau 50 disebut kegemukan super/super obese

Kreteria lain

Normal ….Tinggi badan – 100 = Berat badan. Deviasi kurang lebih 5 Kg. Misal: Tinggi 167 cm dikurangi 100 = 67. Jadi bila BB 65 Kg. …. Normal

Pengobatan Obesitas

Obati penyakit penyertanya. Hindari makanan dan minuman yang kandungan kalori, lemak, gula, serta berkadar alkohol tinggi. Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan. Porsinya harus sesuaikan dengan kebutuhan aktivitas sehari-hari dan jangan berlebihan. Hindari juga makanan yang terlalu banyak mengandung garam karena dapat menyebabkan hipertensi. Memperbanyak melakukan aktivitas fisik dan olahraga, seperti berjalan santai, berlari, berenang, bermain bulutangkis dan bersepeda. Obat yang sering diresepkan adalah orlistat. Obat ini bekerja di dalam saluran pencernaan dengan cara memblokir penyerapan lemak oleh tubuh. Operasi bypass lambung dilakukan dengan tujuan membatasi jumlah makanan yang masuk dan penyerapannya dengan cara memperkecil ukuran lambung. Operasi LAGB hampir mirip dengan bypass lambung, yaitu bertujuan memperlambat proses konsumsi makanan.

Komplikasi Obesitas

Obesitas dapat menimbulkan ragam masalah kesehatan, baik kesehatan psikologis maupun fisik bagi si penderita. Mereka tidak percaya diri. Depresi. Kesulitan melakukan aktivitas fisik. Cepat merasa lelah. Diabetes tipe 2. Stroke. Gangguan pernapasan. Penyakit ginjal. Radang sendi. Gangguan fungsi hati. Hipertensi. Kolesterol tinggi. Penyakit batu empedu. Beberapa jenis kanker, seperti kanker usus, rahim dan payudara. Disfungsi seksual. Haid tidak lancar pada wanita. Kemandulan.


What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Lusy Nurkhayati
Tuhan menciptakan peristiwa-peristiwa dan kita mengulasnya dengan akal dan seluruh kemanusiaan kita. Sebab tanpa itu, kita tak akan menemukan ayat, akan kehilangan alamat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *