Kaki Bengkak dan Kesehatan Jantung

Kaki Bengkak dan Kesehatan Jantung disadur dari materi ceramah kesehatan di Masjid Raya Candi Lama Semarang yang disampaikan oleh Dr. H. Gunadi, M.Kes.


DESAINART- Kaki bengkak merupakan suatu gejala yang dapat disebabkan oleh beberapa penyakit. Kaki dapat menjadi bengkak akibat suatu proses yang menyebabkan cairan atau darah berkumpul pada kaki. Berkumpulnya cairan pada kaki merupakan suatu akibat pelebara pembuluh darah, keluarnya cairan dari pembuluh darah atau penyumbatan sehingga darah sehingga cairan tidak dapat naik.

Ketika kaki bengkak perlu dilihat apakah kedua kaki bengkak atau hanya salah satu. Jika hanya salah satu kaki yang bengkak kemungkinan merupakan suatu proses lokal yang paling sering disebabkan oleh reaksi peradangan.

Jika kedua kaki bengkak perlu dipikirkan suatu proses sistemik yang dapat disebabkan oleh beberapa penyakit. Kedua kaki bengkak yang tidak disertai tanda-tanda peradangan seperti kemerahan, perabaan hangat, dan juga nyeri merupakan akibat dari proses sistemik, paling sering disebabkan cairan yang berlebihan di dalam tubuh sehingga cairan keluar dari pembuluh darah dan berkumpul di kaki yang merupakan bagian terendah dari tubuh.

Cairan ini dapat berkumpul di kaki karena faktor gravitasi. Terkadang tidak selalu cairan yang berlebih dapat menyebabkan kaki bengkak, seperti pada kakus kasus gagal jantung. Jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik sehingga darah menumpuk di belakang jantung dan tubuh menganggapnya kelebihan cairan.

Penyakit yang Berkaitan

Bengkak sendiri terbagi menjadi dua; bengkak pitting dan non pitting. Bengkak pitting adalah bengkak yang dimana jika ditekan maka akan menyisakan tanda bekas penekanan. Bengkak non pitting adalah bengkak yang jika ditekan tidak akan menyisakan tanda bekas penekanan.

Ada beberapa penyakit yang menyebabkan kaki bengkak, seperti penyakit yang berhubungan dengan jantung, hati, atau ginjal. Penyakit ini menyebabkan cairan keluar dari pembuluh darah dan berkumpul pada jaringan sekitarnya yang tampak dengan bengkak.

Bengkak yang ditemukan hanya salah satu kali paling sering disebabkan peradangan pada pembuluh darah balik. Kondisi ini menyebabkan ketidakmampuan memompa darah balik sehingga tekanan pada pembuluh darah balik tinggi yang menyebabkan carian menetap pada kaki.

Kaki Bengkak Gejala Jantung

Pembengkakan pergelangan kaki dan kaki adalah gejala yang relatif sering pada kebanyakan orang. Pembengkakan di kaki atau pergelangan kaki sendiri tidak mewakili penyakit melainkan gejala dari suatu penyakit yang mendasari.

Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai gejala pembengkakan di kaki akibat penyakit jantung. Selain penyakit ginjal dan hati yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki, penyakit jantung terutama penyakit jantung bengkak dapat menjadi faktor utama membengkaknya kaki.

Pembengkakan kaki yang terjadi karena penyakit jantung bengkak lebih disebabkan oleh adanya pembekuan darah di pembuluh darah di kaki yang mengakibatkan aliran darah dari kaki ke jantung terhambat, sehingga penumpukan atau pembekuan darah tersebut memicu terjadinya kaki bengkak atau dengan kata lain adanya pembentukan cairan divena dan jaringan tubuh. Hampir semua kaki dan pergelangan.

Kaki bengkak didiagnosis dengan pengamatan klinis dan pemeriksaan fisik, tes diperintahkan untuk mendiagnosa penyebab.

Pengobatan kaki bengkak dan pergelangan hati tergantung pada mendiagnosis penyebebnya, beberapa orang tidak memerlukan pengobatan sementara yang lain dengan penyebab yang mendasari mungkin memerlukan beberapa perawatan yang berbeda.

Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki menurut bahasa medisnya adalah Endema. Endema disebabkan oleh salah satu penyakit sistemik, yaitu penyakit yang mempengaruhi berbagai sistem organ tubuh, atau dengan kondisi lokal yang melibatkan hanya ekstremitas yang terkena.

Penyakit sistemik yang paling umum yang terkait dengan endema melibatkan jantung, hati dan ginjal. Dalam penyakit ini, endema terjadi terutama karena retensi tubuh terlalu banyak garam (natrium klorida). Kelebihan garam menyebabkan tubuh menahan air, yang kemudian bocor ke dalam ruang jaringan interstitial, di mana ia muncul sebagai endema atau pembengkakan.

Waspadai jika memiliki pembengkakan di kaki yang dibarengi dengan beberapa gejala seperti:

  1. Rasa sakit dibagian tubuh lainnya seperti, bahu, leher, punggung, siku.
  2. Adanya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu biasanya kaki atau perut.
  3. Selalu merasakan mual, nafsu makan berkurang, rasa panas di bagian dada.
  4. Pada wanita / pria sering merasakan rasa sakit pada tangan kanan dan lengan.
  5. Mengalami gejala batuk yang continue / berulang dan sering.
  6. Sering terasa nyeri setelah beraktifitas lari, naik turun tangga.
  7. Sakit di ulu hati sampai ke rahang, melayang dan sempoyongan.
  8. Kerap terjadi pusing yang tak tertahankan sehingga tidak sadarkan.
  9. Rasa nyeri dan meradang pada belakang tulang dada.
  10. Rasa nyeri dada seperti diremas-remas sering terjadi.
  11. Apabila aktifitas berlebihan akan mengalami sesak nafas.
  12. Nafas yang tidak teratir sehingga mudah lelah dan capek.
  13. Mengalami detak jantung yang tidak tertatur serta berdebar.

Demikian artikel singkat tentang Kaki Bengkak dan Kesehatan Jantung. Semoga bermanfaat.

Haturnuhun sudah mampir.


What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Admin

desainart.net dibangun pada tahun 2018 dengan harapan dapat menjadi media alternatif yang menginspirasi khususnya kaum milenial. desainart berawal dari sekumpulan orang yang sedang berusaha tidur teratur dan sedang berlajar menjadi muslim yang baik.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *