Joko Pinurbo – Baju Bulan


Kata Pengantar

Joko Pinurbo mempunyai tempat tersendiri dalam hati pem baca sastra Indonesia karena cara berpuisinya yang unik. Puisinya tampak sederhana, namun sarat makna; di sana-sini mengandung humor dan ironi yang menyentuh absurditas hidup sehari-hari.

Karya-karya penyair yang dikenal dengan panggilan Jokpin ini menarik perhatian antara lain karena banyak menya jikan renungan yang intens mengenai tubuh. Dalam puisi-puisinya tubuh bisa menjelma menjadi berbagai metafor yang menawarkan berbagai kemungkinan makna.

Seperti tampak kuat dalam buku ini, puisi Jokpin juga banyak berkisah mengenai hubungan manusia. “Joko melihat perilaku manusia melalui hubungan anak-ibu, anak-ayah, anak-ibu-ayah. Hubungan itu diangkat tidak semata dalam konteks psikologis dan hubungan darah. Ia me mainkan banyak metafor untuk membolak-balik pola hubungan itu. … Ia mampu mengolah sudut pandang anak dengan permainan waktu yang memikat.” ( Tempo , Edisi 7-13 Januari 2013).

Buku ini berisi 60 puisi Joko Pinurbo yang dipilih dari ratusan puisi yang ditulisnya dalam rentang waktu 19912012. Melalui buku ini kita dapat melihat semacam ikhtisar perpuisian Jokpin dan pada saat bersamaan menikmati tama sya rohani yang mengasyikkan dan sering mengejutkan. Selamat membaca.

Jakarta, Maret 2013
Gramedia Pustaka Utama

Download E-book

What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Desain Art

desainart.net dibangun pada tahun 2018 dengan harapan dapat menjadi media alternatif yang menginspirasi khususnya kaum milenial. desainart berawal dari sekumpulan orang yang sedang berusaha tidur teratur dan sedang berlajar menjadi muslim yang baik

Komentar