DESAINART- Hallo SobatArt! semoga kita semua tetap diberikan nikmat sehat dan dapat juga menikmatinya. Pada postingan kali ini, sangat erat kaitannya dengan kondisi kesehatan anak-anak. Karena di musim hujan seperti sekarang ini, tubuh si anak sangat rentan sekali terkena sakit terutama sakit panas.

Nah, oleh karena itu, postingan kali ini kita akan membahas tentang ‘ikhtiar’ yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam pada sang anak. Yuk kita simak penjelasannya :

Jangan Lupa Do’a

Ingat, sekerasa apapun ikhtiar yang akan kita lakukan, tanpa diringi dengan do’a semuanya akan sia-sia. Saya pribadi, akan selalu merasa ada yang kurang lengkap jika apa yang diikhtiarkan tidak diiringi langkahnya dengan do’a.

Mengompres Dengan Air Hangat

Mengompres merupakan cara praktis untuk menurunkan panas pada anak. Cara ini sudah sering kita jumpai di kehidupan masyarakat kita. Pasalnya cara ini sudah dipraktekan secara turun temurun.

Minum Air Hangat Yang Banyak

Minum ari hangat akan sangat membantu tubuh lebih cepat mengeluarkan panas yang ada dalam tubuh. Minum air yang banyak juga dapat mencegah anak dari dehidrasi.

Seka Tubuh Anak Dengan Air Hangat

Menyeka tubuh anak dengan air hangat dapat mengatasi demam pad anak. Air hangat yang mengenai kulit anak membantu mendinginkan tubuh dan membuat suhu tubuh anak sedikit menurun.

Gunakan Bawang Merah dan Putih

Cara dan bahan yang simple untuk mengurangi demam pada nak dengan menggunakan bawang merah. Kandungan minyak astiri dan yang lainnya amat bermanfaat untuk menurunkan panas demam anak.

Cara tradisional nya adalah dengan memarut bawang merah campur dengan minyak kelapa atau kayu putih. Kemudian balurkan bawang ke tubuh sang anak.

Makan Yang Banyak

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak saat demam, sehingga asupan makan yang banyak dapat membantu anak lebih cepat sembuh.

Memijat Anak

Pijatan lembut seorang ibu pada anaknya dapat memberikan efek menenangkan dan rasa nyaman, sehingga anak bisa beristirahat dengan lebih baik dan tidur lebih nyenyak.

Skin to Skin

Skin to Skin contact bisa membuat membantu menurunkan demam sang anak. Saat panas, secara otomatis suhu panas dari tubuh anak akan mencari permukaan lain yang lebih dingin, yakni kulit ibu atau ayahnya. Setelah panas anak terserap oleh orang tua, demamnya akan berangsur-angsur menghilang.

**) Jika demam anak tidak turun-turun segera periksa ke dokter.

Demikian artikel singkat, tentang ikhtiar menurunkan panas demam pada anak. Semoga kita semua senantiasa dijauhkan dari segala penyaikt dan bila ditakdirkan harus menerimanya, maka mudah-mudahan Allah kuatkan untuk menghadapinya.

Haturnuhun sudah mampir, semoga bermanfaat 🙂


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Uchie NH

Tuhan menciptakan peristiwa-peristiwa dan kita mengulasnya dengan akal dan seluruh kemanusiaan kita. Sebab tanpa itu, kita tak akan menemukan ayat, akan kehilangan alamat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *