Haruskah Kita Posting Setiap Hari di Blog?


Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi tips sederhana, tentang publikasi postingan dalam sebuah web atau blog yang kita miliki. Sebelumnya kami ingin melakukan penegasan, bahwa tulisan ini ditujukan bagi sobatart yang sedang atau baru mau memulai terjun kedunia blogger. Biasanya akan muncul pertanyaan, seberapa sering sebaiknya blog baru menerbitkan konten atau postingan?

Satu artikel perhari, dua artikel perhari atau sepuluh artikel perhari?

Saya akan menjawab tergantung dari tipe atau NICHE blog yang sedang dikelola. Tapi, jika sobat hanya penulis tunggal atau seroang diri, maka saya akan menjawab, hindarilah terlalu banyak menerbitkan konten setiap harinya. Meskipun ini bertentangan dengan teori, akan tetapi saya berpendapat sobat akan lelah duluan sebelum mencapai apa yang diinginkan (sukses). Tapi jika sobat mau mencobanya, silahkan saja (heuheu).

Secara teori memang betul, semakin sering sebuah blog menerbitkan artikel, maka akan lebih banyak muncul di search engine google; lebih banyak yang share dan dampaknya akan lebih banyak pengunjung yang datang.

Tapi, kenyataannya tidak semudah itu (berdasarkan dari pengalaman pribdai ya). Bagi para pemula, sungguh tidak mudah membuat konten berkualitas dalam waktu yang singkat. Pengalaman saya, semakin banyak menerbitkan konten dalam waktu yang singkat, maka justru kualitas kontennya akan semakin menurun.

Jadi, nikmati saja prosesnya, tidak perlu terikat pada sebuah teori yang akan menjadi beban pada diri sendiri. Karena yang mengetahui kemampuan dalam diri kita, ya kita sendiri. Yang terpenting, temukan cara terbaik untuk sobat sebagai blogger, (insya Allah) blog akan berkembang.

Sebaiknya ngeblog itu buat menebar manfaat, jika ada nilai ekonomisnya, itu bonus aja bukan target utama

Pengalaman di Blog ini

Saya sebagai salah satu pengelola di blog ini mempunyai kesimpulan bahwa, seberapa sering atau frekuensi menerbitkan postingan tidak berpengaruh besar terhadap kesuksesan. Tapi Kualitaslah yang sangat menentukan.

Karena itu, saran saya, terbitkan 1 – 3 konten per minggu pada blog baru. Tujuannya agar kemampuan menulis sobat dapat terus meningkat. Setelah sobat menemukan cara terbaik versi diri sendiri, sesuaikan saja frekuensinya dan terus tingkatkan kualitasnya.

Tentu saja, itu hanya pengalaman biasa, dari web yang juga biasa saja ini. Jadi, jika sobatart punya pengalaman lain atau mau protes terhadap apa yang kami sampaikan, silahkan melalui jalur komentar. Karena kolom komentar tidak akan pernah saya tutup dan pasti saya membacanya, meski belum tentu membalasnya heuheu.

Haturnuhun, semoga bermanfaat! keep strong and stay healthy


Hamdan Haqiqi

Kesadaran kita sebagai hamba sekaligus khalifah, perlu dikulik baik-baik. Mari tajamkan kemampuan untuk mengenali diri, jiwa dan memahami akal.

What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
1
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *