Geinjal Yang Sehat !

Penyakit adalah hal yang paling diperhatikan dari dokter saran kebaikan dan kebijaksanaan hanya membuat kita berjanji-janji, namun rasa sakitlah yang membuat kita taat. (Marcel Proust)


DESAINART- Ginjal adalah salah satu organ terpenting tubuh. Bagaimana tidak, ginjal menyaring cairan yang masuk ke dalam tubuh agar zat-zat yang bermanfaat bisa diserap oleh tubuh lagi, dan zat-zat yang tidak berguna dibuang lewat urin. Dalam ginjal juga memproduksi enzim yang mengatur tekanan darah.

Melihat pentingnya fungsi ginjal di atas, kelainan atau menurunnya fungsi ginjal bisa terlihat dari penumpukan cairan berupa pembengkakan dan tensi yang tinggi di pasien. Ginjal yang sudah tidak berfungsi mengharuskan pasien cuci darah, karena daranya tercampur zat-zat kotor yang tidak bisa dibuang oleh ginjal. Sekali cuci darah, paling tidak harus merogoh saku kita sebesar 700 ribu. Biasanya setiap pasien dianjurkan cuci darah sepekan 1-2 kali, tergantung kondisi. So, kita kudu banyak bersyukur kepada Allah SWT.

Ada satu makanan yang patut kita hindari untuk kesehatan ginjal kita. Yaitu, JENGKOL. Konon, penggemarnya sangat banyak, tapi malu mengakuinya. Sehingga kalau ada partai jengkol di negeri ini, pasti hanya sedikit yang mau berkampanye, tapi sepertinya bisa masuk tiga besar hehe.

Dalam referensi medis, ada penanganan untuk keracunan jengkol. Ditandai dengan nyeri perut, muntah, dan pegal di pinggang. Pegal tersebut adalah salah satu efek pengkristalan jengkol di ginjal. Nah looo..

Dari faktor minuman, ada jenis minuman instan yang layak dihindari. Yaitu minuman suplemen berenergi. Korbannya sudah cukup banyak, dan masih muda, kisaran 20-35 tahun. Rata-rata memang mengkonsumsi minuman tersebut secara rutin tiap hari. Maklum, pasien tersebut biasanya pekerja kasar. Persis seperti di iklan-iklan, aktornya berotot besar dan kerjaannya kuli bangunan.

6 Ciri-Ciri Penyakit Ginjal
  • Sulit Bernafas; Penyebabnya karena penumpukan cairan di dalam tubuh.
  • Sering Kram; dikarenakan terjadinya cairan di dalam tubuh.
  • Mengalami Rasa Gatal; Gatal tersebut akan mudah berdarah jika digaruk, walaupun dengan garukan yang ringan saja.
  • Tekanan Darah Tinggi; Radang ginjal bisa mengakibatkan timbulnya tekanan darah tinggi.
  • Nafas Pendek-Pendek; Normalnya manusia menghirup dan mengeluarkan udara di dalam tubuhnya dalam jangka waktu 3-4 detik.
  • Sakit Disekitar Pinggang; Walaupun tidak beraktivitas berat atau yang menggunakan otot, tapi penderitanya bisa mengalami rasa sakit disekitar pinggang,

Untuk menjaga keshatan ginjal, selain menghindari konsumsi di atas, dijaga pula dengan minum yang banyak, dan tidak boleh menahan kencing. Dianjurkan pula memakan makanan yang mengandung antioksidan, biasa terkandung pada buah-buahan berair. Demikian sekelumit pembahasan tentang ginjal. Semoga dapat mendapat khazanah keilmuan dan bermanfaat bagi kita semua.


What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Lusy Nurkhayati
Tuhan menciptakan peristiwa-peristiwa dan kita mengulasnya dengan akal dan seluruh kemanusiaan kita. Sebab tanpa itu, kita tak akan menemukan ayat, akan kehilangan alamat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *