Etika dan Sunnah Mengucapkan Salam


DESAINART- Hallo SobatArt !, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang adab-adab salam dan anjuran untuk mengucapkan salam dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja hal ini sangat sederhana dan hampir dalam setiap aktivitas kita (terkhusus kaum muslimin) sangat terbiasa dengan hal ini.

Nah, untuk kembali mengingatkan dan menegaskan bahwa setiap apa yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari ada dasar hukum yang jelas mari simak beberapa hadits berikut ini :

Adab Salam

Dari Abu Hurairah ra, sesungguhnya Rasulullah saw bersabda, “Orang yang naik kendaraan hendaknya memberi salam kepada orang yang berjalan kaki. Orang yang berjalan kaki, hendaklah memberi salam kepada orang yang duduk, dan orang yang sedikit hendaklah memberi salam kepada orang yang banyak”. (Muttafaq alaih).
(Al Bukhari, Kitab : Isti’dzan XI/17. Muslim, Kitab, Salam, IV/1703 no. 2160)

Disebutkan dalam riwayat Al Bukhari, ………………………… dan yang mudalah yang memberi salam kepada yang tua”.

Dari Abu Umamah Shudai bin Ajlan Al Bahili ra, ia menuturkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya manusia yang paling utama di sisi Allah adalah orang yang lebih dulu memberi salam” (HR. Abu Daud) dengan sanad yang sangat bagus. Hadits ini juga (HR. Tirmidzi) Dari Abu Umamah ra, ditanyakan kepada Rasulullah saw “Wahai Rasulullah, dua orang saling bertemu. Mana di antara keduanya yang harus memulai salam? Beliau bersabda, “Yang paling utama di anatara mereka menurut Allah SWT . . . . . . ” kata At-Tirmidzi, hadits ini hasan.

(Hadits Sahih (HR. Abu Daud), Kitab : Adab (5197). Hadits ini di nilai sahih oleh syaikh Al Albani dalam Shahih Abi Daud.

Anjuran Mengulang Salam kepada orang yang sering bertemu, meskipun waktunya sangat dekat atau terpisah hanya karena terhalang pohon

Dari Abu Hurairah ra, ketika menceritakan orang yang salah dalam gerakan sholatnya, dimana ia datang dan sholat, kemudian menemui Nabi saw sambil mengucapkan salam. Setelah menjawab salamnya beliau bersabda, “Kembalilah dan ulangi lagi shalatmu, karena sesungguhnya kamu belum sholat” Setelah mengulangi shalatnya, ia lalu datang lagi kepada beliau sambil mengucapkan salam. Ia melakukan hal itu sampai tiga kali”. (Muttafaq alaih)

(Al Bukhari, Kitab : Adzan II/277, no. 757. Muslim, Kitab : Shalat I/297 no. 397

Dari Abu Hurairah ra, dari Rasulullah saw, beliau bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian bertemu saudaranya, hendaklah ia mengucapkan salam kepadanya. Dan jika mereka terhalang oleh pohon, atau dinding, atau batu, kemudian bertemu kembali, hendaklah ia mengucapkan salam lagi” (HR. Abu Daud)

(Hadits Sahih (HR. Abu Daud), Kitab : Adab (52000). Hadits ini dinilai sahih oleh syaikh Al Albani salam Shahih Abi Daud

Anjuran Mengucapkan Salam saat memasuki rumah sendiri

Maka apabila kamu memasuki rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada penghuninya, salam yang ditetapkan di sisi Allah, yang diberi berkah lagi baik” (QS. An Nur ayat 61)

Dari Anas ra, ia menuturkan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda kepadanya, “Wahai keluargamu lalu kamu mengucapkan salam, niscaya kamu dan keluargamu mendapat berkah” (HR. Tirmidzi) Katanya hadits ini hasan sahih.
(Kitab : Isti’dzan dan Adab V/59, no. (2698). Hadits ini dinilai dhaif oleh syaikh Al Albani.

Mengucapkan Salam kepada Anak Kecil

Dari Anas ra. sesungguhnya ia berjalan melewati anak-anak, kemudian ia mengucapkan salam kepada mereka. Ia berkata, ‘Rasulullah saw biasa melakukan hal yang seperti ini”. (Muttafaq alaih)
(Al Bukhari, Kitab : Isti’dzan XI/34, no. 6247. Muslim, Kitab : Salam IV/1708 no. 2168.

Sekian dulu ya, pembahasan Adab – Adab Salam dan Anjuran Mengucapkan Salam. Semoga bermanfaat.

Haturnuhun sudah mampir 🙂


DESAINART

Kami tidak bermaksud menampilkan data valid atau informasi lengkap, sekedar berbagi sedikit faedah saja (jika ada)

What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *