Drama Mangir – Pramoedya Ananta Toer

Setelah Majapahit runtuh 1527, Jawa kacau balau dan bermandi darah, kekuasaan tak berpusat, tersebar praktis diseluruh kadipaten, kabupaten bahkan desa. Perang terus menerus terjadi untuk memperebutkan kekuasaan tunggal.


Drama Mangir merupakan drama yang berharga dalamkesusastraan Indonesia. Bagaimana tidak, di samping mengabadikan ceritatutur (cerita Mangir tidak ada dalam Babad Tanah Jawi), drama ini jugamemberikan sesuatu yang berbeda dari drama-drama Indonesiakebanyakan. Tema dari drama ini adalah politik kekuasaan yang bersetingkan pada kerajaan masa lampau. Taktik kekuasaan PanembahanSenapati menjadi benang merah alur cerita drama ini.
Drama ini kaya akan karakter. Dari puluhan tokoh yang ada,karakter Wanabaya, Baru Klinting, dan Panembahan Senapatilah yangsangat kuat. Ini dibuktikan dengan dialog-dialognya yang penting untuk berjalannya alur. Bisa jadi ketiga tokoh itulah yang menggerakkan alur disamping Putri Pambayun yang kurang mendominasi. Karakter Pambayun sendiri membuat dilema bagi pembaca ataupun karakter itu sendiri. Kilas balik mengenai kekejaman Panembahan Senapati yang melakukan apa sajademi kekuasaan berhasil digambarkan walaupun dari dialog-dialog oranglain (bukan Senapati).
Secara keseluruhan, drama Mangir adalah drama yang menarikuntuk dipentaskan. Selain karena karakter-karakternya yang kuat, jugatemanya yang tak lekang oleh perubahan zaman, drama Mangir jugamemiliki petunjuk pementasan dan keterangan-keterangan yang detilmengenai bagaimana menggambarkan panggung saat pementasan. DramaMangir adalah sebuah contoh drama yang kuat pada bentuk dan isinya,yaitu apa yang dituliskan Pramoedya Ananta Toer sangat detil dan isinyayang bertemakan politik yang mungkin tema ini akan disukai penontonkapan pun. Mangir adalah contoh drama yang bagus dalam kesusastraan Indonesia.

EBook Pramoedya Ananta Toer


What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Desainart Project
Kita akan bersama dalam waktu yang lama, entah seberapa lama. Namun kita tak akan berpisah sebelum kata terakhir tuntas kita eja dengan seksama. Selamat Membaca !

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *