Dampak Negatif Penggunaan HP Terlalu Lama

Keasyikan browsing, media sosial, chatting, atau bermain game biasanya berlanjut hingga larut malam. Hal ini tentunya waktu untuk tidur dan istirahat menjadi berkurang.


DESAINART- Saat ini penggunaan HP meningkat pesat. Pada masyarakat modern, HP sudah menjadi sebuah kebutuhan primer. Pada HP terdapat transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang kemudian dipancarkan keluar melalui antenna dan gelombang ini berfluktuasi melalui udara. Gelombang RF (radio frequency) inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik terdiri dari gelombang elektrik dan energi magnetik dengan kecepatan cahaya. Semua energi elektromagnetik jatuh pada spectrum elektromagnetik, yang rangenya dari radiasi ELF (extremly low frequency) sampai sinar X dan sinar Gamma. Ketika orang menelpon, HP nya diletakkan dekat kepala. Radiasi RF pada level tinggi dapat merusak jaringan tubuh. Karena tubuh kita tidak diperlengkapi untuk mengantisipasi sejumlah panas berlebih akibat radiasi RF. Penelitian lain menunjukkan radiasi non-ionisasi (termasuj gelombang RF) menimbulkan efek jangka panjang. Sebaiknya perlu untuk bersikap waspada dan mengantisipasi.

Kemungkinan perubahan yang terjadi
  1. Penglihatan Terganggu.
    Gangguan penglihatan yaitu Computer Vision Syndrome (CVS) dengan gejala mata kering karena jarang berkedip. Untuk mencegahnya, kurangi durasi memandangi layar hp, hindari menggunakan hp di tempat gelap yang memicu otot dan syaraf mata bekerja lebih berat, atau tidak menggunakan hp dalam posisi miring atau sambil tiduran.
  2. Pandangan Kabur.
    Lama memandangi layar hp membuat otot mata menjadi tegang. Otot mata yang tegang biasanya tidak mampu fokus dengan cepat pada jarang yang berbeda. Kondisi ini biasa disebut Blurry Vision. Mengatasinya, jika kamu habis memandangi layar hp yang cukup lama, pejamkan mata terlebih dahulu sebelum sekitar 10 detik sebelum memandang ke arah yang berbeda.
  3. Sakit Kepala.
    Akibat posisi leher yang salah dan otot mata yang tegang karena sering melihat layar hp bisa juga menimbulkan sakit kepala. Selain itu, kemungkinan terburuknya dapat mengakibatkan rabun jauh. Untuk meminimalisir kemungkinan buruk tersebut bisa dengan istirahat yang cukup, kurangi melihat layar hp dalam waktu lama, usahakan jarak mata terhadap hp tidak terlalu dekat (kurang dari 20 cm).
  4. Kelainan Postur Tubuh.
    Menggunakan hp berlama-lama dengan posisi badan tidak benar dapat mengakibatkan kelainan postur tubuh. Misalnya menggunakan hp sembari duduk dengan posisi tulang belakang terlalu membungkuk ke depan. Kelainan postur tubuh atau penyakit degeneratif ini biasanya banyak ditemui pada usia lanjut, sekitar 40 hingga 50 tahun ke atas.
  5. Gangguan Pendengaran.
    Selain digunakan untuk bermain game, browsing, atau media sosial, hp juga digunakan untuk memutar musik dengan earphone. Mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume speaker terlalu tinggi bisa mengakibatkan pendengaran terganggu. Mendengarkan musik dengan volume kencang biasanya dilakukan saat mengendarai motor atau di tempat keramaian.
  6. Mengganggu Tidur.
    Keasyikan browsing, media sosial, chatting, atau bermain game biasanya berlanjut hingga larut malam. Hal ini tentunya waktu untuk tidur dan istirahat menjadi berkurang. Suara “ting” dari notifikasi pesan masuk di ponsel juga bisa membuat kualitas tidur menjadi terganggu. Kurangnya istirahat secara terus menerus dapat membuat ketahanan tubuh menjadi berkurang, akhirnya gampang terserang penyakit. Untuk itu, matikan hp saat menjelang tidur agar dapat istirahat dengan tenang.
  7. Mengurangi Produktivitas.
    Selain untuk komunikasi, hp sejatinya dapat menunjang produktivitas penggunanya dalam kehidupan sehari-hari, seperti menerima dan membalas email, browsing internet, membuat dokumen tulisan, dan lain sebagainya. Namun lain halnya jika hp hanya digunakan untuk media sosial (Facebook, Twitter, Path, Instagram, dll) dan bermain game. Apalagi jika bermain game hingga lupa waktu seperti bermain Clash of Clans misalnya. Bisa dipastikan produktivitas bisa berkurang karrna tidak sempat lagi mengerjakan hal lain yang lebih produktif.
  8. Merusak Otak.
    Sejauh ini memang dampak buruk dari radiasi hp terhadap kesehatan tubuh masih menjadi kontroversi. Namun beberapa penelitian mengatakan bahwa radiasi ponsel dapat memicu tumbuhnya tumor otak dan penyakit insomnia. Yang paling banyak dialami saat ini adalah menatap ponsel berlama-lama dapat menyebabkan rasa mual dan sakit kepala.
  9. Menimbulkan Kecanduan.
    Berkat perkembangan teknologi terus meningkat membuat hp dapat melakukan banyak fungsi, dapat dengan mudah menerima dan membalas e-mail, chatting, berselancar di internet, menonton video, mendengarkan musik, bermain game, atau berinteraksi di media sosial. Kemudahan-kemudahan ini disinyalir dapat menimbulkan kecanduan sehingga hampir setiap menit kita bisa mengecek hp apakah ada pesan masuk atau tidak. Penelitian yang dilakukan tim dari Rutgers University menyebutkan, untuk menyembuhkan pecandu hp, terapi yang digunakan sama seperti terapi untuk pecandu narkoba.
  10. Susah Tidur.
    Layar hp cenderung mengeluarkan cahaya biru, entah benar atau tidak warna biru tersebut diduga dapat mengganggu hormon manusia untuk tidur. Mengurangi kecerahan layar hp saat menggunakannya di malam hari bisa jadi mengurangi resiko susah tidur kamu.
  11. Kurang Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar.
    Pada saat menggunakan hp, biasanya hampir seluruh konsentrasi pikiran kita tertuju pada hp dan tanpa memedulikan keadaan sekitar. Parahnya lagi, banyak orang yang menggunakan hp pada saat mengendarai mobil atau motor, saat menyebrang jalan, atau menaiki eskalator yang dapat menimbulkan bahaya terhadap pengguna hp ini sendiri.
Bahaya atau Akibat yang Akan Ditimbulkan
  1. Text Claw.
    Kram atau nyeri otot akibat terlalu lama mengetik atau bermain permainan (game) jika lama kelamaan akan terjadi peradangan tendon.
  2. Cell Phone elbow.
    Terlalu lama memegang ponsel menyebabkan tangan kita terasa kesemutab dan area disekitarnya menjadi tegang.
  3. Text Neck.
    Saat kita memegang hp tentu leher kita pun melihat kebawah. Jika terus berlanju, leher akan terasa sakit dan pegal dan akan mengalami sakit punggung akibat terlalu lama memegang ponsel.
  4. Phantom Pocket Vibration Syndrome.
    Rasa cemas akibat tidak ada getaran di hp. Sehingga kita akan terus melihat ponsel walaupun tidak terjadi apa-apa dengan ponsel tersebut.
  5. Nomophobia.
    No-Mobile-Phone-Media adalah situasi dimana kita begitu takut untuk berjauhan dengan hp.
  6. Gangguan Tidur.
    Biasakan untuk mematikan hp ketika tidur atau menaruh di tempat yang jauh. Medan magnetik yang ada di sekitar hp kita bisa memicu kerusakan sistem syaraf. Hal ini dapat menimbulkan insomnia atau gangguan tidur. Bila dibiarkan terus, bisa-bisa kita cepat lupa alias pikun.
  7. Ujung Jari Kesemutan.
    Sering banget balas-balasan chating dengan teman-teman melalui hp. Lama kelamaan ujung jati terasa kaku dan menebal. Itu tandanya kita mengalami kesemutan. Coba batasi mengetik di hp. Bila hal ini terus dibiarkan, bisa terjadi pembengkakan atau peradangan otot jari. Akibatnya, bisa terjadi kelumpuhan.
  8. Peradangan Mata.
    Menatap layar ponsel terlalu lama bisa menyebabkan mata kering. Hal ini kemudian memicu terjadinya peradangan dan infeksi terhadap mata. Kebiasaan ini juga dapat mengganggu penglihatan dan berisiko mengalami rabun. Bahkan, peneliti dari Luton & Dunstable University Hospital, Inggris menyatakan pemakaian hp berlebihan bisa mempercepat penggunaan kacamata.
  9. Peradangan Kulit.
    Sering curhat berjam-jam di telepon? Buang jauh-jauh kebiasaan itu mulai saat ini. Permukaan ponsel yang terbuat dari nikel bisa memicu terjadinya alergi atau peradangan kulit. Ini bisa terjadi bila kita terlalu lama menempelkan hp ke kulit. Gejala adalah gatal-gatal yang diikuti kulit yang memerah.
  10. Meningkatkan risiko kanker otak sampai 400% bagi remaja.
    Makin muda usia pemakaian ho makin tinggi risiko kanker yang bisa dideritanya.
  11. Penggunaan eraphone pada hp pun dapat mengganggu pendengaran bahkan bisa menyebabkan tuli jika terlalu sering menggunakan earphone.
  12. Penggunaan hp yang berlebihan bisa menurunkan kesuburan pria.
    Suatu penelitian menunjukkan bahwa penggunaan hp yang berlebihan dapat menurunkan jumlah sperma sampai 30%.
  13. Dalam sebuah penelitian telur yang diletakan di tengah 2 hp dan yang melakukan panggilan selama 65 menit telur tersebut dapat matang dan siap untuk dimakan. Begitu juga otak kita bila terlalu lama menggunakan hp maka otak kita bisa matang karena terkena radiasinya.
  14. Penggunaan hp terlalu kama dapat memicu produksi hormon stres kortisol.
  15. Penggunaan hp terlalu lama juga dapat menurunkan kekebalan tubuh yang dapat mengakibatkan timbulnya reaksi alergi seperti gatal-gatal.
  16. Penggunaan ponsel terlalu lama juga dapat mengakibatkan kepikunan.
Menghindari Bahaya Akibat Radiasi HP
  1. Gunakanlah headset saat berbicara lewat hp. Langkah awal ini untuk menjauhkan sumber radiasi pada ponsel dari kepala.
  2. Manfaatkanlah penggunaan SMS pada hp untuk berhubungan dengan orang terdekat dibandingkan harus meneleponnya secara langsung. Langkah ini juga bertujuan menjauhkan sumber radiasi hp dari kepala.
  3. Jika tidak menggunakan headset saat menelepon, usahakan jangan terlalu lama berbicara lewat hp. Ini juga bertujuan agar kamu tidak terkena sumber radiasi terlalu lama saat menelepon memakai hp.
  4. Hindari penggunaan hp untuk menelepon orang lain, di saat kondisi sinyal dalam keadaan lemah. Karena secara otomatis hp akan berusaha mencari sinyal dengan keras, dan mengakibatkan meningkatnya radiasi.
  5. Saat kamu sedang sendiri dan ingin melakukan panggilan telepon sebaiknya gunakan fitur loadspeaker. Dengan cara ini memili jarak aman radiasi dari kepala.
  6. Hindari penggunaan hp di ruang yang tertutup, seperti lift dan mobil. Radiasi dapat terjadi saat hp mencoba menciptakan koneksi pada sinyal.
  7. Jangan menelepon saat sedang berkendara. Menelepon dengan keadaan sambil bergerak dengan cepat membuat hp terus berusaha menciptakan sambungan (koneksi) berulang ke menara berikutnya, sehingga melepaskan energi dalam jumlah besar.
  8. Pilihlah hp dengan tingkat radiasi yang rendah. Ini mungkin salah satu alternatif yang bisa di ambil untuk mengurangi bahaya radiasi bagi kesehatan.

Mari gunakan Handphone dengan sewajarnya dan tidak berlebihan, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat.

Haturnuhun sudah mampir 🙂


What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Lusy Nurkhayati
Tuhan menciptakan peristiwa-peristiwa dan kita mengulasnya dengan akal dan seluruh kemanusiaan kita. Sebab tanpa itu, kita tak akan menemukan ayat, akan kehilangan alamat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *