Contoh Design Spanduk KKN Universitas


DESAINART- Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.

Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. (Baca: Wikipedia).

Sebelum upload design spanduk KKN, saya ingin berbagi tips bagi teman-teman yang ingin melaksanakan KKN, dan sedang kebingungan apa saja yang harus dipersiapkan untuk menyusun program selama KKN berlangsung. Bagi kamu yang masih bingung, silhakan ikuti tips / langkah-langkah berikut:

1. Riset Dulu ya !

Agar ngga bingung harus dimulai dari mana, kamu bisa mulai dari melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu mengenai bagaimana situasi dan kondisi desa KKN-mu.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meriset segala sesuatu di zaman yang serba memudahkan kehidupan ini:

    • Googling; Mbah gugel adalah sahabat setia kebanyakan mahasiswa dalam melakukan riset di era digital ini. Lewat mbah gugel ini, kamu bisa kepoin sepuasnya mengenai lokasi dan bagaimana situasi dan kondisi desa KKN-mu. Tapi ingat, merisetlah di internet dengan baik dan benar, pastikan sumbernya dapat dipercaya serta sahih sanadnya alias bisa dipertanggung jawabkan. Contohnya situs yang kamu baca saat ini. hehe
    • Setelah kita googling, kita pasti akan lebih penasaran, karena tidak semua info yang kita butuhkan, bisa kita akses melalui internet. Makanya, disarankan untuk melakukan survei lokasi secara langsung untuk melihat situasi dan kondisi yang riil desa KKN-mu. Metodenya bisa tanya-tanya ke warga sekitar untuk menggali lebih dalam permasalahan apa yang sedang terjadi di desa tersebut, atau bisa juga melalui pemerintah desa terkait.
    • Kalau kamu belum sempat atau berhalangan untuk survei lokasi secara langsung, bisa berdiskusi dengan kepala / perangkat desa terkait. Nah, kontaknya dapat diminta lewat DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) kelompokmu atau pihak kampus yang ngurusi KKN.
2. Susun Prioritas Masalah

Selanjutnya kamu coba merumuskan masalah yang perlu intervensi atau pemecahan masalah di desa KKN-mu. Setelah data-data kamu kumpulkan selama riset, saatnya kamu menyusun prioritas program KKN-mu. Kamu harus bisa memilih permasalahan mana yang harus kamu jadikan sebagai latar belakang program kerjamu. Kalau semuanya kamu bikin proker nya bisa-bisa masa KKNmu nambah jadi bertahun-tahun.

Untuk mempermudah kamu menentukan prioritas program mu, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal:



    • Mana yang paling membutuhkan intervensi secepat mungkin? Dari sekian banyak masalah yang ada di desa KKN-mu, pilih yang paling penting dan paling mendapat intervensi dengan segera. Penting untuk mengelompokkan masalah-masalah yang kamu temukan mulai dari yang paling pening dan mendesak sampai yang tidak penting dan tidak mendesak.
    • Mana yang bisa diselesaikan dalam jangka waktu yang ditentukan? Masa KKN yang hanya berlangsung selama 4 – 8 minggu, jadi pastikan kalau intervensi yang ingin kamu tuangkan dalam bentuk program kerjamu (dari persiapan sampai evaluasi) dapat direalisaikan dalam rentang waktu tersebut.
    • Mana yang paling sesuai dengan keahlian dan kapasitasmu? jika proker yang kamu buat adalah proker individu, mudahnya bisa kamu sesuaikan dengan ranah bidang program studimu. Kalau merupakan proker kelompok, bisa kamu komunikasikan dengan keahlian dan kapasitas masing-masing. Termasuk kapasitas kemampuan, pengetahuan dan anggaran yang dialokasikan untuk prokermu ya. Don’t forget.
    • Mana yang sduah diintervensi, seperti apa hasilnya, dan apa yang bisa diperbaiki? Biasanya, kalau desa KKN-mu sudah menjadi “langganan” mahasiswa KKN, pasti sudah ada beberapa intervensi yang dilakukan untuk menangani masalah yang ada, dan mungkin aja pernah ada proker yang menangani masalah ini. Ini bisa menjadi referensi untu membandingkan dengan proker seperti apa yang ingin kamu rancang dan bagaimana hasilnya dibandingkan dengan apa yang sudah pernah dijalankan.
3. Saatnya Susun Strategi

Jika sudah mendapatkan masalah yang ingin kamu intervensi, saatnya kamu merancang proker kamu menjadi sebuah rencana yang runut alias terstruktur. Perhatikan hal-hal berikut ini untuk menyusun proker KKN-mu:

    • Permasalahan; Tentunya ini berangkat dari temuan riset dan pa pentinya masalah ini untuk diintervensi.
    • Pembagian Tugas; Jika proker kamu merupakan proker kelompok, masing-masing tugas dan tanggung jawab dalam rancangan kegiatan proker sebaiknya dibagi sesuai dengan keahlian dan kapasistas masing-masing anggota kelompok.
    • Jadwal; Perlu juga untuk kamu rincikan masing-masing kegiatan dalam proker mulai dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusuanan laporan secara detail. Agar memudahkan, buat juga perbandingan jadwal ideal (rancangan) dan jadwal ralistis (realisasi).
    • Anggaran; Termasuk semua biaya yang akan kamu keluarkan terkait realisasi program kerja. Dibeberapa kampus ada yang memberikan anggaran untuk menjalankan satu proker, ada juga yang tidak. Atau kelompokmu bisa juga membuat proposal sponsorship untuk mendukung pendanaan proker KKN-mu.

Idealnya realisasi proker KKN berjalan sesuai dengan rencana dan rancangan program yang sudah di susun. Jangnlupa dokumentasikan setiap kegiatanmu setiap harinya, biasanya phak kampus menyediakan buku agenda (daily log) yang bisa diisi setiap harinya agar bisa keep track dengan jadwal prokermu.

Maaf ya kepanjangan 😀

Kita kembali aja ke tujuan postingan ini, yaitu upload desain spanduk KKN. Spanduk KKN ini adalah spanduk KKN saya pada Januari – Februari 2018 silam. Nah dari pada disimpan sendiri lebih baik untuk berbagi, siapa tahu ada yang terinspirasi.

Spanduk KKN Universitas

Nah, bagi temen-temen yang ingin diskusi, sharing dan atau memberikan kritik saran dan masukan buat kemajuan web ini, silahkan dapat mengisi kolom komentar ya.

Haturnuhun sudah mampir 🙂


What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
1
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Admin

desainart.net dibangun pada tahun 2018 dengan harapan dapat menjadi media alternatif yang menginspirasi khususnya kaum milenial. desainart berawal dari sekumpulan orang yang sedang berusaha tidur teratur dan sedang berlajar menjadi muslim yang baik.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *