Contoh Desain Spanduk Zakat Fitrah (Download)


DESAINART- Hallo sobatart, semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan kesempatan untuk terus menebar kebaikan (Aamiin). Pada postingan kali ini kami ingin mempublish contoh desain spanduk zakat fitrah yang kami buat beberapa waktu yang lalu.

Desain ini bisa untuk panitia zakat masjid, ormas dan atau layanan zakat infaq dan sedekah (LaZIS). Bahkan bisa juga sobat edit sendiri untuk dijadikan spanduk apapun yang ingin dibuat. Tapi, sebelumnya yuk kita belajar tentang zakat dan apa saja yang ada padanya.

Tentang Zakat

Zakat adalah harta tertentu yang dikeluarkan apabila telah mencapai syarat yang diatur sesuai aturan agama, dikeluarkan kepada 8 asnaf penerima zakat. Menurut Bahasa kata “zakat” berarti tumbuh, berkembang, subur atau bertambah.

Zakat berasal dari bentuk kata “zaka” yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk beroleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan (Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq: 5)

Makna tumbuh dalam arti zakat menunjukkan bahwa mengeluarkan zakat sebagai sebab adanya pertumbuhan dan perkembangan harta, pelaksanaan zakat itu mengakibatkan pahala menjadi banyak. Sedangkan makna suci menunjukkan bahwa zakat adalah mensucikan jiwa dari kejelekan, kebatilan dan pensuci dari dosa-dosa.

Dalam Al-Quran disebutkan, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka” (QS. at-Taubah [9]: 103).

Menurut istilah dalam kitab al-Hâwî, al-Mawardi mendefinisikan zakat dengan nama pengambilan tertentu dari harta tertentu, menurut sifat-sifat tertentu dan untuk diberikan kepada golongan tertentu. Orang yang menunaikan zakat disebut Muzaki. Sedangkan orang yang menerima zakat disebut Mustahik.

Sementara menurut Peraturan Menteri Agama No 52 Tahun 2014, Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha yang dimiliki oleh orang Islam untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam.



Asnaf (8 Golongan) Penerima Zakat

Sebagai instrumen yang masuk dalam salah satu Rukun Islam, zakat tentu saja memiliki aturan mengikat dari segi ilmu fiqihnya, salah satu diantaranya adalah kepada siapa zakat diberikan.

Dalam QS. At-Taubah ayat 60, Allah memberikan ketentuan ada delapan golongan orang yang menerima zakat yaitu sebagai berikut:

  1. Fakir
    Mereka yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.
    _
  2. Miskin
    Mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar kehidupan.
  3. Amil
    Mereka yang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.
  4. Mualaf
    Mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menguatkan dalam tauhid dan syariah.
  5. Riqab
    Budak atau hamba sahaya yang ingin memerdekakan dirinya.
  6. Gharimin
    Mereka yang berhutang untuk kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya.
  7. Fisabilillah
    Mereka yang berjuang di jalan Allah dalam bentuk kegiatan dakwah, jihad dan sebagainya.
  8. Ibnu Sabil
    Mereka yang kehabisan biaya di perjalanan dalam ketaatan kepada Allah.

Nah, selengkapnya sobat bisa baca web resmi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) ya, (baca di sini). Adapun contoh desain spanduk zakat fitrah yang kami publish melalui web ini. Semoga menginspirasi.

Spanduk Zakat

Apabila ada kesalahan informasi atau hal yang tidak pantas dari apa yang kami sampaikan di atas. Sobat bisa langsung melayangkan koreksi atau protes melalui kolom komentar.

Bagi sobatart yang ingin mendownload desain di atas dalam bentuk vector, dapat melalui link download di bawah ini. Adapun tips download bisa di baca di sini. Haturnuhun sudah mampir, semoga bermanfaat.

Download (3)


DESAINART

Kami tidak bermaksud menampilkan data valid atau informasi lengkap, sekedar berbagi sedikit faedah saja (jika ada)

What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *