Cak Nun – Istriku Seribu

Diluar dua kecenderungan itu, ada Negeri yang tegas melarang poligami. Karena Allah juga tegas dengan bahasa sangat ilmia dan berdimensi hukum menyatakan bahwa "Tidaklah engkau (wahai lelaki) sesekali akan pernah mampu berbuat adil". 


Di dalam Islam setiap orang berhak menafsirkan dan bertanggung jawab atas keputusan yang ia ambil berdasarkan tafsirnya itu. Dan tafsir seseorang boleh menghsilkan prinsip yang berbeda dengan hasil tafsir orang lain. Juga tidak ada hak sama sekali bagi siapa saja untuk memaksa orang lain mengikuti tafsirnya. Baik untuk boleh berpoligami maupun untuk sebaliknya.

Sebab ada negeri yang abstain tidak bersedia membuat aturan hukum yang membolehkan atau melarang poligami. Argumentasinya bahwa pernyataan Tuhan “kalau engkau takut tak bisa berbuat adil” itu lasngsung menyangkut setiap individu lelaki yang mengambil keputusan. Jadi tak usah menjadi pemerintah yang terpaksa ikut bertanggung jawab kalau ada lelaki berpoligami karena yakin bisa berbuat adil namun ditengah jalan ternyata ia tidak berbuat adil.



Diluar dua kecenderungan itu, ada Negeri yang tegas melarang poligami. Karena Allah juga tegas dengan bahasa sangat ilmia dan berdimensi hukum menyatakan bahwa “Tidaklah engkau (wahai lelaki) sesekali akan pernah mampu berbuat adil”. 

Silahkan engkau membantah-Nya. Silahkan ! ‘SILAHKAN !’ tiba-tiba aku kaget sendiri teriakan itu muncul dari mulutku. Sehingga Sudrun terbangun. Gila, rupanya sepanjang aku omong tadi dia tidur. *

EBook Cak Nun


What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Desainart Project
Kita akan bersama dalam waktu yang lama, entah seberapa lama. Namun kita tak akan berpisah sebelum kata terakhir tuntas kita eja dengan seksama. Selamat Membaca !

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *