DESAINART- Setelah kita membahas tentang Phrase beserta jenis-jenisnya, kini kita akan membahas tentang Clause. Seperti yang sudah dijelaskan di awal materi kita, Clause sendiri merupakan anak kalimat dalam suatu kalimat besar atau sekelompok kata yang di dalamnya terdiri dari subjek dan kata kerja. Nah di dalamnya terdapat dua bentuk Clause. Yang pertama adalah Independent Clause dan yang kedua adalah Dependent Clause. Untuk lebih jelasnya, mari kita kupas satu persatu.

Independent Clause

Independent Clause adalah Clause yang dapat berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat yang didalamnya tanpa memerlukan penjelasan dari kalimat lain. Independent Clause berisi subjek dan kata kerja serta mengekpresikan pemikiran yang utuh.

Contoh:

Many international students experience culture shock
(Banyak mahasiswa internasional mengalami kejutan budaya)


Dependent Clause

Dependent Clause adalah clause yang tidak mengungkapkan pemikiran secara utuh dan tidak bisa berdiri sendiri sebagai kalimat tanpa penjelas dari kalimat lainnya. Dependent Clause dimulai dengan subordinat seperti when, while, if, that, atau who.

Contoh:

… when they come to the United States
(… ketika mereka datang ke Amerika Serikat)


Untuk lebih jelasnya mari kita lihat contoh saat Independent Clause berpadu dengan Dependent Clause dalam satu kalimat.

Contoh:
She has talk to her Sister who she missed so much

Di dalam kalimat diatas, “she has talk to her sister” adalah Independent Clause yang dapat berdiri sendiri karena tanpa kalimat selanjutnya, kalimat tersebut sudah memiliki arti dan tujuan yang jelas yang mengungkapkan pemikiran secara utuh. Sedangkan kalimat “who she missed so much” adalah Dependent Clause yang tidak dapat berdiri sendiri, sebab tanpa kalimat penjelasas sebelumnya, kalimat tersebut tidak memiliki arti dan tujuan yang jelas atau kalimat tersebut tidak mengungkapkan pemikiran secara utuh hanya sebagai pelengkap dari kalimat sebelumnya.

Bila sobat masih kebingungan, bisa langsung didiskusikan ya, lewat kolom komen misalnya. Atau ada kritik dan saran kami tunggu ya. Mudah-mudahan bermanfaat artikel singkat ini. Hatur nuhun sudah mampir.


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Uchie NH

Tuhan menciptakan peristiwa-peristiwa dan kita mengulasnya dengan akal dan seluruh kemanusiaan kita. Sebab tanpa itu, kita tak akan menemukan ayat, akan kehilangan alamat.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *