Adabul Marah Fil Islam – Tarjih Muhammadiyah


Wanita adalah jenis makhluk dari manusia yang susunan tubuhnya agak berlainan dengan susunan dan bentuk tubuh laki-laki. Ia lebih halus kulitnya dan lebih halus pula perasaannya dan lebih lunak sendi tulangnya. Dijadikan oleh Allah s.w.t. sejak dari asal mula kejadiannya di dunia ini untuk pasangan bagi laki-laki dalam proses menyempurnakan sunnah dan peraturannya, yaitu mengadakan keturunan guna kelangsungan manusia sampai waktu yang telah ditentukanr Laki-laki tidak akan merasa tenang dan tenteram hidupnya di muka bumi ini tanpa wanita, dan begitu pula sebaliknya, karena memang dari asal kejadiannya telah diberi sifat dan tabiat yang demikian.

Tuhan Allah menjadikan wanita agak berlainan bentuk dan susunan tubuh- nya dan berlainan pula kekuatannya, memang untuk menunjukkan perbedaan antara mana yang laki-laki dan mana yang perempuan, mana yang putra dan mana yang puteri. Perbedaan itu tentu mengandung hikmah dan kepentingan yang orang tidak akan membantahnya.Yakni dengan perbedaan itu merasa dapat saling cinta mencintai, sayang menyayangi, saling mengambil faedah satu kepada dan dari yang lain. Saling dapat bahu membahu di dalam melakukan tugas memakmurkan duriia sebagai khalifah Allah di muka bumi ini.

Islam memberikan hak yang sama kepada laki-laki dan perempuan, yang artinya. masing-masing itu mempunyai hak dan mempunyai kewajib, walaupun di dalam sementara ha1 ada perbedaannya disebabkan perbedaan jenisnya.

Untuk mengetahui tentang hak dan kewajiban bagi wanita, dan menge- tahui.pula di dalam ha1 mana adanya perbedaan antara pria dan wanita yang menyangkut hak dan kewajiban, juga hal-ha1 yang menyangkut wanita, maka berdasarkan amanat daripada Muktamar Tarjih di Garut pada tanggal 18 s/d. 23 April 1976, kami sajikan naskah yang berfudul : ,,ADABUL MAR’AH FIL ISLAM” untuk menjadi pedoman dan pegangan bagi segenap anggauta dan keluarga Muhammadiyah khususnya, bagi kaum Muslimin pada umumnya juga bagi siapa saja yang ingin mengetahui seluk beluk wanita menurut pan- dangan agama Islam.



Naskah tersebut sebagai hasil daripada tulisan dan karangan yang telah lama dihimpun daripada beberapa pihak seperti dari P.P. ‘Aisyiyah, perorang- an, dari Tarjih Wilayah dan Pusat dan lain-lain yang setelah kami olah seperlu- nya ldu kami sajikan di dalam Muktamar Tarjih di Garut dan di dalam Muk- tamar itu telah mendapat tanggapan, saran serta usul-usul dari para Muktami- rin. Saran serta usul tersebut sedapat mungkin juga telah kami tampung dan kami masukkan dalam naskah ini, akan tetapi sebagai pepatah mengatakan ,,tiada gading yang tiada retak”, naskah dan susunan ini tentu masih banyak kekurangan dan mungkin pula terdapat kesalahan, maka dengan segala ketu- lusan hati, kami harapkan adanya koreksi dan tegoran dari siapapun juga, demi kesempurnaan naskah ini untuk waktu-waktu yang akan datang. Dan atas koreksi serta tegoran itu, kami mengucapkar. banyak-banyak terima kasih dan semoga naskah ini benar-benar bermanfaat adanya. Aamiin ya Robbal – ‘aalamiin.

Majelis Tarjih PP Muhammadiyah

E-Book Adabul Marah Fil Islam


What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Admin

desainart.net dibangun pada tahun 2018 dengan harapan dapat menjadi media alternatif yang menginspirasi khususnya kaum milenial. desainart berawal dari sekumpulan orang yang sedang berusaha tidur teratur dan sedang berlajar menjadi muslim yang baik.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *