7 Tips Agar Tidak Cepat Lapar Setelah Makan


DESAINART- Lapar itu merupakan sinyal yang dikirimkan oleh tubuh agar tubuh kita segera mendapatkan asupan energi. Energi di dalam tubuh kita berkurang atau menipis sehingga tubuh perlu mendapatkan asupan energi lagi agar tubuh mampu menjalankan aktivitas. Kebanyakan aktivitas yang dilakukan manusia menggunakan energi oleh sebab itulah mengapa tubuh manusia memerlukan energi.

Rasa lapar yang normal adalah rasa lapar yang tidak sering timbul. Rasa lapar itu muncul sesuai dengan jam makan seharusnya. Misal sehabis sarapan pagi, rasa lapar akan muncul saat siang nanti. Setelah makan siang, rasa lapar akan muncul kembali saat jam 6 sore. Kecuali menjalankan ibadah puasa.

11 Penyebab Cepat Lapar

Nah, berikut ini adalah 11 penyebab kenapa kita cepat lapar meski telah makan :

Makan Tergesa-gesa

Tidak jarang orang yang makan dengan tergesa-gesa dan terburu-buru akan mudah lapar kembali. Alasannya adalah orang yang makan dengan kondisi terburu-buru bisa membuat hormon bernama leptin tidak akan memiliki cukup waktu untuk memberikan sinyal rasa kenyang kepada tubuh.

Hal tersebut juga didukung dengan penelitian berupa mengunyah makanan harus lebih lama dan tidak boleh terburu-buru. Sebab mengunyah makanan lebih lama bisa membuat makanan yang dikunyahnya bisa terserap oleh tubuh secara sempurna. Sehingga hormon leptin bisa memiliki cukup waktu untuk mengirimkan sinyal berupa rasa kenyang kepada tubuh.

Makan Sahur / Tidak Sarapan

Orang yang diet banyak yang menghindari sarapan, padahal sarapan sangat penting untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu saja fakta menunjukkan bahwa orang yang tidak sarapan akan mengkonsumsi makanan lebih banyak lagi di waktu berikutnya sehingga mengakibatkan kegemukan. Agar bisa menjalankan aktivitas dengan energik maka dibutuhkan sarapan setiap pagi / makan sahur.

Stress

Orang yang sedang stress akan sering merasakan lapar. Hal itu dikarenakan hormon yang mengendalikan stress akan mengirimkan sinyal ke otak dan otak akan merespon dengan memberikan sinyal ke tubuh untuk merasakan lapar. Oleh sebab itulah orang yang sedang stress akan lebih banyak makan dibandingkan dengan orang yang tidak sedang mengalami stress.

Minuman Soda

Yang menyebabkan tubuh akan merasakan cepat lapar adalah minuman soda atau minuman yang mengandung alkohol. Hal itu dikarenakan minuman soda maupun minuman yang beralkohol akan menghasilkan zat asam di dalam perut. Akibatnya adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mudah dicerna oleh zat asam yang dihasilkan dari minuman soda maupun minuman beralkohol tersebut. Tubuh pun akan mudah merasakan lapar kembali.

Menu Sarapan Yang Salah

Pemilihan menu sarapan yang salah bisa membuat orang tersebut akan mudah lapar, karena hal itu bisa bisa mempengaruhi pola makan selama seharian. Menu sarapan yang baik adalah makanan yang banyak mengandung protein.

Sebuah studi menunjukkan fakta bahwa orang yang banyak memakan protein saat sarapan. selama seharian penuh tidak akan terlalu banyak mengkonsumsi camilan dan tidak akan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak. Alasannya adalah protein akan membuat rasa kenyang lebih lama.

Orang yang saat sarapan mengkonsumsi sedikit protein cenderung akan merasakan cepat lapar. Sehingga selama seharian dia akan cepat merasa lapar dan menginginkan mereka memakan camilan lebih banyak lagi.

Jam Tidur Kurang

Hal yang bisa menyebabkan seseorang cepat lapar ada jam tidur yang dia miliki berkurang. Alasannya adalah kurang tidur bisa membuat hormon ghrelin menjadi meningkat. Hormon itu banyak meningkat saat pagi hari sehingga rasa lapar akan dirasakan saat pagi hari.

Yang memperburuk kondisi adalah orang yang kurang tidur dan lapar cenderung menyukai menyantap makanan padat dengan karbohidrat sebab tubuhnya membutuhkan banyak energi. Oleh sebab itu tidak heran jika orang yang suka bergadang akan mengalami obesitas atau kegemukan.

Bosan

Rasa bosan juga menyebabkan seseorang mengalami kenaikan nafsu makan. Alasannya adalah ketika kita bosan kinerja dari dopamine menurun. Dopamine merupakan zat yang bisa menyebabkan perasaan bahagia dan juga memicu motivasi.

Otak akan memicu dopamine untuk bisa mencari makanan. Oleh sebab itu ketika kita bosan kita akan mudah merasakan lapar. Sebaiknya rasa lapar yang disebabkan oleh rasa bosan ditahan. Alasannya adalah lapar itu bukanlah permintaan lambung namun permintaan dari otak. Sehingga jika rasa bosan hilang diharapkan rasa lapar pun akan hilang.

Berpikir Keras

Hal yang bisa menyebabkan mudah lapar lainnya adalah berpikir keras, hal itu dikarenakan saat orang berpikir keras energinya akan terkuras habis untuk berpikir. Tidak jarang jika orang yang sehabis melaksanakan ujian, sehabis ujian dia akan merasakan kelaparan.

Bekerja Berat

Orang yang memiliki kerja berat terutama yang mengandalkan tenaga akan merasakan cepat lapar dibandingkan dengan orang memiliki kerja ringan. Hal itu dikarenakan orang yang bekerja berat akan menggunakan banyak energinya untuk bekerja berat misalnya saja kuli bangunan, kuli panggul, cleaning service dan masih banyak lagi lainnya.

Rangsangan Dari Luar

Penyebab cepat lapar lainny ayang harus diketahui adalah rangsangan yang berasal dari luar tubuh. Misalnya saja ketika jalan-jalan ke pusat perbelanjaan dan disana mencium bau masakan yang enak, akan merasakan lapar meski kondisi lambung sedang tidak dalam kosong. Ingat niat puasa.

Kurang Gizi

Hal yang menyebabkan seseorang menjadi cepat lapar adalah kekurangan gizi. Saat orang memakan makanan yang kurang bergizi tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak berupa rasa lapar.


7 Tips Mengendalikan Rasa Lapar

Nah, berikut ini adalah 7 cara mengendalikan nafsu makan atau rasa lapar supaya tidak mengganggu aktivitas kita sehari-hari, yaitu :

Ketika Merasa Lapar, Segera Alihkan Perhatian

Hal pertama yang harus dilakukan ketika rasa lapar menyerang adalah mengalihkan perhatian. Jangan Cuma terpaku pada rasa lapar, tapi berusahalah untuk melakukan aktivitas lain. Bisa mendengarkan music, mengobrol dengan teman, atau membaca buku, baca Al-Qur’an.

Rasa lapar yang disebabkan oleh stress atau frustasi sebenarnya sekedar “keinginan buta”. Biasanya, rasa ituhanya akan berlangsung selama 10 menit. Kalau rasa ini menyerang, ingatlah harus sabar-sabar dulu. Ingat puasa.

Makan Dengan Perlahan Membuat Lebih Cepat Kenyang

Ketika makan, mungkin tidak menyadari bahwa sebenarnya perut sudah terisi penuh. Salah satu penyebabnya adalah aktivitas makan yang terburu-buru. Otak butuh waktu sekitar 20 menit untuk menyadari bahwa perut sudah cukup terisi. Sebaiknya, makanlah dengan perlahan dan berhentilah ketika perut sudah terisi kurang lebih ¾ bagian.

Vitamin D Juga Bisa Mengontrol Nafsu Makan

Kurangnya asupan vitamin D menjadi salah satu penyebab rasa lapar yang terus-menerus. Vitamin D berpengaruh pada kerja hormon leptin yang bertugas menjadi penanda bahwa perut sudah merasa kenyang. Jadi, supaya tidak cepat lapar, jagalah asupan vitamin D. vitamin D bisa diperoleh dari berbagai jenis ikan, termasuk salmon dan tuna.

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Berbagai Macam Nutrisi

Kombinasi menu makanan memungkinkan tubuh mendapatkan berbagai jenis nutrisi sekaligus, inilah yang membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Dalam satu kali makan, kamu bisa mengkonsumsi sayurm buah, susu, ikan, daging, dan susu dalam porsi kecil. Ini akan jauh lebih baik daripada makan nasi dan ayam dalam porsi besar.

Tidur Siang Temasuk Solusi Yang Ampuh

Rasa lapar akan lebih sering muncul ketika sedang kelelahan. Pikiran memberi sugesti bahwa makanan bisa menjadi sumber energi yang mengembalikan kebugaran tubuh. Padahal, satu-satunya cara yang paling tepat adalah tidur siang. Cara ini paling efektif untuk mengembalikan tenaga.

Usahakan Agar Mulut Tetap Segar

Kondisi mulut yang selalu segar lebih mungkin membuat malas makan. Apalagi jika kamu harus beraktivitas di luar rumah dan bertemu banyak orang. Jadi, sangat disarankan supaya kamu sering-sering sikat gigi atau pakai obat kumur.

Stress Membuat Kondisi ‘Gampang Lapar’ Jadi Semakin Parah

Stress termasuk pemicu utama kenapa gampang lapar. Pasalnya, makanan bisa menjadi layaknya ‘obat penenang’ ketika sedang stress. Tetapi hanya sejenak tenang dan melupakan masalah yang dialami. Inilah alasannya kenapa harus pintar-pintar mengendalikan diri.

Jangan mudah tertekan atau stress ketika menghadapi masalah. selain itu, masih banyak cara lain untuk menenangkan diri dengan yoga, meditasi, olahraga, atau menari adalah beberapa diantaranya. Jangan lupa dzikir.


DESAINART

Kami tidak bermaksud menampilkan data valid atau informasi lengkap, sekedar berbagi sedikit faedah saja (jika ada)

What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
1
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *