6 Tips Mendaki Saat Musim Hujan

Karena pendaki yang baik pasti tahu, mendaki bukan tentang menaklukan gunung, namun mendaki adalah soal menaklukan diri sendiri.


DESAINART- Musim hujan sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang hobi mendaki gunung. Saat musim hujan, aktivitas mendaki jadi semakin sulit, lantaran medannya makin licin dan cuaca yang tak bersahabat. Berikut adalah tips mendaki gunung saat musim hujan tiba:

Perhatikan Pakaian

Selain pakaian wajib bawa kayak jaket waterproof, jaket anti dingin, sampai pakaian tidur, pastikan yang dibawa juga adalah dry-fit (pakaian mudah kering). Selain bekal irit tempat buat barang bawaan, pakaian berbahan dry-fit bakal 10 kali lebih cepat kering dari pakaian biasa. Sebaliknya, hindari pakaian (baju / celana) berbahan jeans. Sebabnya pasti sobat tau sendiri.

Peralatan Wajib

Mohon di catat, bagi sobat yang ingin mendaki saat musim hujan tiba, berikut adalah peralatan yang wajib di bawa:

  • Sepatu Waterproof, biar bisa becek-becekan tanpa perlu khawatir berlebihan.
  • Sandal jepit / biasa yang berfungsi untuk saat bikin tenda atau muter nyari-nyari ransum ke tetangga.
  • Payung, percayalah, payung akan berguna banget, selain untuk menangkal hujan, payung juga bisa digunakan untuk buat foto ala-ala.
  • Jas hujan, meski udah bawa payung, sobat juga tetep wajib bawa alat ini.
  • Kanebo, selain buat bersih-bersih tenda atau apapun yang serba basah akibat kehujanan, kanebo bisa juga untuk mengeringkan badan, lebih mudah dari pada handuk, lebih simple lagi.
  • Minuman instan yang menghangatkan tubuh. Contoh : jahe, coklat, ronde, dll yang penting jangan minuman alkohol ya.
Tetap Jaga Nutrisi

Biar ga gampang sakit saat kehujanan, jangan sampai lupa isi perut dulu sebelum pendakian, kalau perlu minum vitamin untuk jaga-jaga, supaya badan tetap sehat.

Pilih Gunung yang Tepat

Ga perlu terlalu berambisi untuk gunung-gunung yang tinggi dan memiliki track / jalur berbahaya. Karena pendaki yang baik pasti tahu, mendaki bukan tentang menaklukan gunung, namun mendaki adalah soal menaklukan diri sendiri.

Pilih gunung yang bisa kamu daki, dengan naik dan turun bisa dalam waktu satu hari.

Segerakan Istirahat

Sesampainya di tenda, segerakan istirahat. Jangan lupa ganti baju yang kering, makan dan minum minuman yang anget. Badan perlu banget istirahat. Aktivitas bisa dilanjutkan kalau hujannya udah reda atau berhenti.

Balik Arah

Jangan ragu dan bersegeralah balik arah, jika tidak memungkinkan untuk naik ke puncak gunung. Mungkin sudah saatnya naik ke puncak pelaminan hehe


What's Your Reaction?

Sebel Sebel
0
Sebel
Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Desainart Project
Kita akan bersama dalam waktu yang lama, entah seberapa lama. Namun kita tak akan berpisah sebelum kata terakhir tuntas kita eja dengan seksama. Selamat Membaca !

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *