6 Tips Membuat Pamflet Sederhana


DESAINART- Hallo SobatArt !! Lagi kebingunan ya, bagaimana caranya bikin pamflet yang menarik? Jika jawabannya ia, maka sobat berada di postingan yang tepat (saya kira begitu) hehe.

Pamflet atau dapat disebut juga selebaran, sebaran, risalah, tebaran didefiniskan oleh UNESCO sebagai keperluan publikasi yang terdiri dari 5 sampai 48 halaman tanpa sampul. Jika lebih maka sudah bisa disebut buku. (Dari wikipedia ya).

Tapi dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia, pamflet sendiri sering digunakan untuk publikasi berita atau kegiatan. Biasanya pamflet ini dibuat sebagus mungkin untuk menarik minat para pembacanya.

Nah, berikut ini adalah tips bagaimana cara membuat pamflet yang menarik.

Cari Inspirasi

Sobat bisa cari inspirasi desain pamflet lewat google atau web yang menyediakan hasil-hasil karya orang kreatif. Contohnya DESAINART.NET (hehe)

Namun, sobat jangan hanya download terus edit tulisannya aja. Itu ga akan buat sobat lebih berkembang. Tujuan sobat cari inspirasi itu agar bisa menjadikan karya orang lain sebagai inspirasi, saya yakin sobat bisa bikin karya yg lebih joss.

Pahami Pesan yang Ingin Disampaikan

Sebelum masuk membuat Ndisen, sebaiknya sobat coba pahami yang ingin sobat sampaikan melalui pamflet yang akan di buat. Jika sobat sudah memahami pesan yang ingin disampaikan, tugas selanjutnya adalah sobat membuat ndisen yang mudah dipahami oleh orang lain.

Pilihlah Font Dengan Tepat

Biasanya karena sobat terlalu banyak, jadi kebingunan sendiri deh mau pilih font yang mana. Sebenarnya simpel aja sih, sobat cukup memilih font yang dapat dibaca. Tetapi jangan kebanyakn font juga, karena itu akan berakibat pembaca merasa pusing. Cukup gunakan 3 jenis font dalam satu bentuk ndisen ya. Inget ya itu sudah maksimal.

Jangan Melupakan Tipografi ya

Selain memilih jenis font, tipografi juga sangat penting dalam membuat desain pamflet. Tipografi sederhananya adalah seni teknik mengatus tulisan, mulai dari menentukan jenis, ukuran sampai pada tata letak font dengan tujuan untuk mempercantik desain pamflet sesuai dengan yang diinginkan. Kalau mau lupa ya lupain aja mantan hehe

Pemilihan Skema Warna Yang Tepat

Pilihlah skema warna yang sesuai dengan isi pesan dalam pamflet, hati-hati ya, karena salah sedikit penggunana warna aja sobatArt bisa dibully tuh, apa lagi salah pilih jodoh *eh. Intinya sih, warna itu berperan sangat penting dalam pembuatan pamflet.

Simpel Itu Indah

Ungkapan “kalau ada yang ribet kenapa pilih yang gampang” nampaknya ga berlaku disini 🙂 Intinya sih, kebanyakan dari orang-orang lebih suka yang simpel, tapi bukan isi pesannya ya. Gambar nya simpel tapi pesannya dapat tersampaikan dengan baik.

Nah sekian dulu ya, mudah-mudahan artikel singkat ini membantu sobatart sekalian dalam menyelesaikan pamflet yang sedang dibuat. hehe.

Hatur nuhun sudah mampir 🙂


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
1
Kaget
Suka Suka
2
Suka
Bahagia Bahagia
1
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
DESAINART

Web ini coba mempublikasikan karya desain grafis secara rutin dan berkala. Bagi siapa saja yang merasa terinspirasi dan ingin berbagi rezeki untuk membantu keberlangsungan kami, silahkan cari kolom #urundana

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *