5 Tips Memijat Bayi yang Dianjurkan


DESAINART- Pijat bayi sejak zaman dulu sudah dikenal manfaatnya. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pemijatan bayi tak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada cara dan rambu-rambu yang mesti diperhatikan. Berikut adalah cara atau pedoman pemijatan pada bayi.

Pijatan di wajah untuk melemaskan otot wajah

Tekan jari-jari pada kening bayi, pelipis, dan pipi. Gunakan kedua Ibu jari untuk memijat daerah di atas alis. Dengan tekanan lembut, tarik garis dengan ibu jari dari hidung ke arah pipi bayi. Gunakan kedua ibu jari untuk memijat sekitar mulut, tarik hingga bayi tersenyum. Pijat secara lembut daerah di belakang telinga ke arah dagu.

Pijatan di dada untuk memperkuat paru-paru dan jantung

Letakkan kedua tangan di tengah dada bayi dan gerakkan ke atas, kemudian ke sisi luar tubuh dan kembali ke ulu ati tanpa mengangkat tangan seperti membentuk hati. Lalu, dari tengah dada bayi, pijat menyilang dengan telapak tangan ke arah bahu seperti membentuk kupu-kupu.

Pijatan pada perut untuk meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi sembelit

Lakukan gerakan memijat di atas perut bayi seperti mengayuh sepeda dari atas ke arah bawah perut. Kemudian, angkat kedua kaki bayi dan tekan lututnya perlahan-lahan ke arah perut. Buatlah bulan separuh terbalik dengan tangan kanan, mulai dari kiri ke kanan searah jarum jam. Saat tangan kanan di atas, tangan kiri di bawah dan berputar mengikuti arah jarum jam membentuk lingkaran penuh seperti matahari.

Pijatan tangan dan kaki untuk menghilangkan ketegangan dan memperkuat tulang

Pegang lengan bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang pemukul soft-ball. Dengan gerakan seperti memerah, pijat tangan bayi dari bahu ke pergelangan. Laukan gerakan sebaliknya, dari pergelangan ke arah pangkal lengan. Tarik lembut jari-jari bayi dengan gerakan memutar. Dengan kedua ibu jari secara bergantian, pihat seluruh permukaan telapak tangan dan punggung tangan bayi. Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung. Untuk kaki, ikuti cara yang sama seperti teknik memijat tangan.

Pijatan punggung untuk memperkuat otot yang menyangga tulang belakang

Pijat dengan gerakan maju mundur menggunakan kedua telapak tangan di sepanjang punggung bayi, luncurkan salah satu telapak tangan dari lehersampai ke pantat bayi dengan sedikit tekanan. Buat gerakan melingkar dengan jari-jari, terutama pada otot di sebelah tulang belakang. Buat pijatan memanjang dengan telapak tangan dari leher ke kaki untuk mengakhiri pijatan.

Hati-Hati dalam Menimang Bayi

Ada kalanya bayi yang baru lahir demam dan menangis tanpa sebab yang jelas. Taukah sobat, jika penyebabnya hanya karena orang tua atau pengasuhnya salah dalam menimang? Penyakit karena timangan sering dijumpai pada bayi usia 0-4 bulan. Masalahnya, minim sekali pengetahuan umum mengenai cara mengetahui bahwa bayi kita sakit karena timangan tersebut.

Biasaya, penyakit kecengklak (bahasa sunda) ini diketahui setelah bayi di bawa ke dukun bayi. Gejala awalnya, anak sering demam yang tidak turun-tutun, rewel dan sering menangis. Penyakit pada bayi akibat timangan biasa dikenal dengan shaken baby syndrome. 

Dr. Jennian Geddes, pakar dari Royal London Hospital mengungkapkan, timangan sangat halus sekalipun bisa mencederai bayi. Cedera dapat terjadi karena gerakan pada kepala bayi yang dinamis tidak mendapat topangan cukup kuat.

Bayi belum memiliki tulang yang kuat untuk menahan gerakan-gerakan mendadak, baik ke depan atau ke belakang. Yang lebih fatal, sindrom itu dapat saja mengakibatkan kematian pada bayi, seperti dituturkan Geddes dalam Jurnal Brain. Geddes sempat melakukan penelitian pada 53 anak yang meninggal karena cedera itu. Ditemukan, 75%-nya meninggal karena berhentinya pernafasan akibat kerusakan pada sambungan craniocerebal yang mempetemukan orang dengan sumsum tulang belakang.

Bayi usia muda memang memiliki tulang leher yang relatif lentur dan kepala yang berat, sehingga persambungan antara keduanya sangat rapuh. Hal itu harus selalu diingat dalam menggendong bayi. (Keluarga Sehat)

Disclamer !

Apabila ada kesalahan informasi atau hal yang tidak pantas dari apa yang kami sampaikan di atas. Sobat bisa langsung melayangkan koreksi atau protes melalui kolom komentar.


Sutiah

Tuhan menciptakan peristiwa-peristiwa dan kita mengulasnya dengan akal dan seluruh kemanusiaan kita. Sebab tanpa itu, kita tak akan menemukan ayat, akan kehilangan alamat.

What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *