DESAINART- Hallo SobatArt !!! Kali ini saya ingin berbagi tips singkat tentang bagaimana cara membuat X-Banner yang sederhana. Saya bilang sederhana karena memang ga ada spesial-spesialnya sama sekali. Tapi karena sobat sudah terlanjur sampai ke postingan ini, jadi punya tanggung jawab untuk baca post ini sampai selesai, supaya ga sia-sia kuotanya hehe.

Kenapa harus X-Banner ?

Mungkin bagi para desainer sudah ga asing lagi karena sudah sering bolak-balik keluar masuk percetakan untuk membuat (cetak) banner jenis ini. Kenapa? karena x-banner adalah salah satu media promosi yang cukup ringkas dan sangat sederhana tanpa perlu takut kehilangan makna yang ingin kita sampaikan. Selain itu, disamping harganya cukup murah, x-banner tidak banyak makan tempat. Jadi kita ga perlu lagi pasang paku-paku di tembok.

Setiap promosi acara atau produk rasanya kurang lengkap jika tanpa x-banner. Itulah sebabnya kenapa tulisan ini hadir dilayar hape, kompter atau laptop sobat sekalian. Sederhana saja, tujuannya agar desain x-banner yang dibuat dapat menarik perhatian costumer (pelanggan).

Ingat ya ini hanya tips sederhana, jadi yang bisa membuat istimewa hanya bagaimana cara sobat mendesainnya. Langsung aja deh, berikut adalah 5 Tips Membuat X-Banner Sederhana.

Tips 1 Masalah Logo

Posisi logo akan bermasalah jika kita menaruhnya di bawah. Hal ini karena logo akan pertama kali menunjukkan siapa yang punya pesan atau yang berkepentingan menyampaikan pesan dalam x-banner yang dibuat.

Sebaiknya (meski tidak wajib), pastikan posisi logo berada di bagian atas agar sejajar dengan mata manusia. Hal ini bertujuan untuk dapat menarik perhatian tiap pembacanya.

Pointnya adalah, semakin penting informasi yang ingin disampaikan maka posisinya semakin di atas. Agar desain yang kita buat tidak memaksa para pembacanya menyesuaikan tubuh dengan letak tulisan di Banner.

Tips 2 Penulisan Headline

Banner adalah salah satu media informasi yang hanya dilihat dalam kurun waktu beberapa detik saja. Jadi pliiss (baca: tolong), sobat pastikan bahwa judul yang disampaikan singkat, padat dan jelas.

Tips 3 Gambar

Nah, ini ga kalah penting, jika sobat ingin memasukan gambar pada saat membuat desain, maka pilihlah gambar yang dapat memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Jangan pake kode terus, sudah tau ga peka-peka. Eh, kok jadi begitu. Ya sudah lah, intinya itu, sobat pahamkan?

Tips 4 Informasi

Informasi yang dimuat dalam X-Banner sebaiknya tidak bertele-tele apa lagi pehape. Cantumkan informasi yang sifatnya penting saja. Ingat, semua orang (baca: wanita) butuh kejelasan lho !

Tips 5 Kontak

Yang terakhir dan jangan sampai lupa, cantumkan informasi kontak yang dapat dihubungi. Percuma kan, kalau udah promosi cape – cape tapi ga ada yang beli karena ga ada yang bisa dihubungi.

Tips tambahan lainnya yang perlu diingat adalah, sebuah desain itu ga melulu soal seni, tapi dinilai juga dari kelengkapan informasi. Tujuannya agar informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada para pembacanya.

Untuk inspirasi desain x-banner sobat bisa langsung googling aja atau coba cari di web ini, kayaknya udah pernah di post beserta file masternya. Cukup sekian aja deh, jika ada kritik saran atau pertanyaan silahkan langsung di kolom komen ya !

Hatur nuhun sudah mampir.


What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
DESAINART

Blog ini tidak bermaksud menampilkan data-data valid atau informasi lengkap, tapi kami mengajak siapa saja yang singgah disni, melihat hal-hal keseharian dengan lebih sederhana, santai, wajar bahkan jenaka, tetapi tetap menemukan kedalaman.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *