5 Manfaat Berbagi Bagi Kehidupan Manusia


DESAINART- Di dunia ini manusia tidak bisa hidup sendirian. Dengan lahir diantara keluarga dan tumbuh dengan lingkungan pergaulan tertentu, maka sudah pasti tercipta banyak interaksi yang bisa membuat mereka saling berhubungan. Salah satunya dengan tolong-menolong dan berbagi. Hal-hal sederhana seperti membagi makanan yang kita miliki dengan teman sebaya juga sudah menjadi bentuk saling berbagi lho.

Kamu jangan khawatir sesuatu yang kamu miliki akan habis jika membaginya dengan orang lain. Sebab, di balik tindakan terpuji ini terdapat berbagai keuntungan yang bisa kamu rasakan.

Membuat Perasaan Lebih Bahagia

Jika sebelumnya kamu masih diselimuti perasaan takut akan kehabisan harta benda saat membaginya pada orang lain, maka sekarang buang jauh-jauh pikiran itu. Kenyataannya saling berbagi justru akan membuat kamu merasa lebih sejahtera.

Hal itu dibuktikan melalui sebuah studi tahun di 2008 yang dilakukan oleh profesor Harvard Business School, Michael Norton. Ia dapat menyimpulkan bahwa memberikan sejumlah uang kepada orang lain dapat meningkatkan kesejahteraan dan rasa bahagia, dibandingkan dengan membelanjakannya untuk diri sendiri.

Saling Berbagi Bisa Meringankan Penyakit Kronis

Dalam buku yang berjudul “Why Good Things Happen to Good People” karya Stephen Post. Seorang profesor kedokteran pencegahan di Stony Brook University, menulis bahwa memberi kepada orang lain telah terbukti meningkatkan kualitas sehat pada tubuh seseorang dan bisa meringankan penyakit kronis, termasuk HIV dan multiple sclerosis.

Berbagi Berperan Dalam Menularkan Kebaikan

Sonja Lyubomirsky, peneliti kebahagiaan di University of California, Riverside, berpendapat bahwa memberi bisa menjadi menular. Proses ini bergerak dari mulai diri sendiri/pribadi ke komunitas/ sekelompok orang.

“Menjadi baik dan murah hati membuat kita melihat orang lain lebih positif dan lebih bermurah hati,” tulisnya dalam buku yang berjudul The How of Happiness.

Berandil Besar Dalam Kesejahteraan Orang Lain

Dalam studi tahun 2009 terhadap 71 negara oleh Profesor Ekonomi Friedel Bolle dan rekan, para peneliti menemukan bahwa tingkat kebahagiaan tertinggi ditemukan di negara-negara di mana kesenjangan antara kaya dan miskin adalah yang terkecil.

Oleh karena itu, jika kita memiliki kebiasaan baik seperti ini, maka kita pribadi memiliki andil yang berdampak besar bagi kesejahteraan orang lain. Dan tentunya itu bisa sedikit meringankan beban pemerintah.

Berbagi Wujud Rasa Syukur Dalam Hidup

Berbagi membuat kita sadar untuk terus bersyukur, dan dengan bersyukur kita akan merasa bahagia menjalani hidup yang kita miliki. Barbara Fredrickson, salah satu perintis tentang akar kebahagiaan, menyatakan bahwa menumbuhkan rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari adalah salah satu kunci untuk meningkatkan kebahagiaan pribadi.

So, tunggu apalagi untuk segera berbagi pada sesama? Yuk, kita terapkan kebiasaan baik ini dari sekarang!


DESAINART

Kami tidak bermaksud menampilkan data valid atau informasi lengkap, sekedar berbagi sedikit faedah saja (jika ada)

What's Your Reaction?

Kaget Kaget
0
Kaget
Suka Suka
0
Suka
Bahagia Bahagia
0
Bahagia
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *